Home » Seni Rupa » Macam – Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

Macam – Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

bentuk+dalam+seni+rupa
Bentuk Dalam Seni Rupa

Macam – Macam Bentuk Dalam Seni Rupa – Dalam bidang seni rupa, terdapat unsur yang dinamakan bentuk. Bentuk merupakan unsur seni rupa yang penting untuk dipelajari, karena dengan adanya bentuk sebuah karya seni dapat diamati dan dirasakan sebagai karya yang sempurna. Pada kesempatan kali ini akan dibahas pengertian apa yang dimaksud bentuk dan macam-macam bentuk dalam seni rupa.

Apa Yang Dimaksud Bentuk Seni Rupa?
Bentuk adalah salah satu unsur seni rupa yang tercipta dari gabungan berbagai bidang. Bentuk dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu bentuk geometris dan non geometris.

  • Bentuk Geometris, Geometris adalah bentuk yang memiliki pengukuran. Misalnya bentuk kubistis (kubus dan balok), bentuk silindris (tabung, kerucut, dan bola).
  • Bentuk Non Geometris, Non Geometris adalah bentuk yang meniru bentuk-bentuk alam, misalnya manusia, hewan, dan tumbuhan.

Bentuk – Bentuk Dalam Seni Rupa
Seni rupa adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya seni dengan media yang bisa dilihat dengan mata, serta dapat disentuh dan dirasakan dengan tangan. Seni rupa dibentuk oleh beberapa unsur, diantaranya yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

Bentuk adalah unsur yang dapat dilihat secara visual, karena tersusun oleh adanya beberapa unsur fisik. Bentuk merupakan gabungan dari beberapa unsur bidang yang membentuk suatu benda. Secara garis besar, bentuk dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu bentuk figuratif, bentuk astrak, dan bentuk abstraktif.

1. Bentuk Figuratif
Bentuk figuratif adalah bentuk yang meniru wujud yang berasal dari alam. Terwujudnya suatu bentuk figuratif tergantung dari pemikiran seseorang, dimana setiap pemikiran memiliki konsep yang berbeda dengan gambar bentuk alam. Contoh bentuk figuratif seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Baca Juga :  8 Tehnik Menggambar Dan Contohnya

2. Bentuk Abstrak
Bentuk abstrak adalah bentuk yang telah menyimpang dari wujud aslinya yang telah mengalami proses eksplorasi bentuk lebih lanjut dari bentuk yang biasa dilihat. Bentuk abstrak memerlukan imaji yang tinggi untuk menikmatinya. Contoh bentuk abstrak yaitu bentuk-bentuk geometris, seperti balok, tabung, piramid, kerucut, dan bola.

3. Bentuk Abstraktif
Bentuk abstraktif adalah bentuk figuratif yang telah diubah bentuknya, sehingga beberapa wujud dari bentuk aslinya berubah menjadi bentuk yang sudah digayakan. Contoh bentuk abstraktif seperti batik, topeng, wayang kulit, dan dekorasi.

Macam – Macam Bentuk Benda Dalam Seni Rupa

Menggambar merupakan salah satu bentuk seni rupa yang paling mudah dilakukan. Sebuah bentuk gambar dapat dikatakan sebagai tiruan dari perwujudan benda aslinya, sehingga unsur bentuk merupakan hal yang penting untuk diutamakan.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan unsur-unsur lainnya. Misalnya tehnik arsir, pengaturan komposisi, keseimbangan warna, kesan gelap terang, dan pembentukan visual. Sehingga, gambar benda yang tercipta mudah diamati dan memiliki nilai karya seni yang tinggi.

Ada banyak sekali bentuk benda yang ada di alam. Seperti benda berbentuk kotak, segitiga, bulat, dan lainnya. Dan berikut ini merupakan beberapa jenis bentuk benda pembentuk seni rupa.

  • Bentuk Kubistis

Bentuk kubistis merupakan bentuk benda yang menyerupai kubus atau balok. Contoh benda-benda yang memiliki bentuk kubistis antara lain meja, televisi, lemari, kulkas, dan mesin cuci.

  • Bentuk Piramid
Baca Juga :  Unsur - Unsur Dalam Seni Rupa

Bentuk piramid adalah bentuk benda yang menyerupai limas, yaitu memiliki ujung lancip dan bidang sisinya datar. Contoh benda berbentuk piramid adalah atap rumah dan piramida.

  • Bentuk Kerucut

Bentuk kerucut adalah bentuk benda dengan atas lancip dan bidangnya berbentuk lengkungan. Contoh benda berbentuk kerucut adalah topi hias, terompet tahun baru, dan nasi tumpeng.

  • Bentuk Silindris

Bentuk silindris adalah bentuk benda yang bulat memanjang menyerupai tabung atau silinder. Contoh benda bentuk silindris antara lain gelas, ember, kaleng, botol, toples, dan drum.

  • Bentuk Bola

Bentuk bola adalah bentuk benda bundar yang menyerupai bola. Contoh benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain bola, globe, buah-buahan bundar (semangka, jeruk, melon).

  • Bentuk Bebas

Bentuk bebas adalah bentuk benda yang memiliki dimensi tidak beraturan atau lepas dari bentuk geometris. Contoh benda tidak beraturan adalah bunga, hewan, buah-buahan, dan busana.

Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan bentuk dan macam-macam bentuk dalam seni rupa beserta masing-masing penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *