Home » Ilmu Pengetahuan » Jenis-Jenis Jam Tangan Analog Dan Kegunaannya

Jenis-Jenis Jam Tangan Analog Dan Kegunaannya

jam+tangan+analog
Jam Tangan Analog

Jenis-Jenis Jam Tangan Analog Dan Keguaannya – Jam tangan merupakan salah satu aksesoris penunjuk waktu. Berdasarkan tampilannya, jam tangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu jam tangan analog dan jam tangan digital. Pada artikel ini akan dibahas jenis-jenis jam tangan analog dan kegunaannya masing-masing.

Perbedaan antara jenis jam analog dan jam digital terletak pada tampilannya. Jam analog memiliki tampilan jarum sebagai penunjuk waktunya, sedangkan pada jam digital, penunjuk waktunya ditunjukan oleh angka-angka pada layar digital.

Pada jam analog terdapat angka mulai dari 1 sampai 12, serta tiga buah jarum sebagai penunjuk jam, menit, dan detik. Namun, ada juga yang hanya menggunakan garis strip sebagai pengganti angkanya.

Jenis-Jenis Jam Tangan Analog Dan Kegunaannya

Berikut merupakan jenin-jenis jam tangan analog beserta gambar dan kegunaannya.

1. Dress Watch

dress+watch
Dress Watch

Dress watch merupakan jam tangan analog yang biasanya digunakan pada acara formal. Jenis jam tangan ini menampilkan sisi elegan dan mewah. Dalam penggunaan dress watch biasanya disesuaikan dengan busana jas dan kemeja lengan panjang atau pakaian formal lainnya.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Dan Sifat Benda Padat, Cair, Dan Gas

Jam tangan ini umumnya memiliki bentuk sederhana dan memiliki dial putih polos dan menggunakan tanda khusus, seperti angka romawi, garis strip, atau tanpa angka sama sekali, serta tidak memiliki fitur atau fungsi tambahan lainnya.

2. Dive Watch

dive+watch
Dive Watch

Dive watch adalah jam tangan analog yang dirancang khusus untuk kegiatan menyelam. Jam tangan ini memiliki ketahanan air yang dalam dan gelang logam.

Umumnya memiliki bentuk dengan ukuran sedang dengan angka-angka penjunjuk jam tebal yang mudah dilihat. Fungsi dive watch adalah untuk mengetahui lama waktu menyelam dan melihat sisa oksigen ketika penyelaman.

3. Driving/Racing Watch

racing+watch
Racing Watch

Driving watch merupakan jam tangan analog sport dengan bentuk yang maskulin, bezel yang bisa diputar dua arah, serta memiliki kemampuan water resistant yang tinggi. Biasanya berukuran sedang hingga besar, dengan dial besar yang menampilkan angka-angka secara jelas, dan umumnya berwarna cerah dan kontras.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Medianya, Dan Tujuannya

Jenis jam tangan ini memiliki fitur water resistant minimal 200 meter dan biasanya memiliki case yang terbuat dari material stainless steel. Biasanya digunakan untuk aktivitas sport yang berkaitan dengan tahan air dan kecepatan.

4. Pilot Watch

pilot+watch
Pilot Watch

Pilot watch merupakan jenis jam tangan yang didesain khusus bagi para pekerja penerbangan. Jam ini bukan hanya sekadar jam tangan, namun dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mengatur waktu dan posisi penerbangan.

Bentuk pilot watch biasanya sederhana, tipis, dan berukuran sedang hingga besar dengan dial yang besar, serta angka-angka penunjuk waktu dan tanggal yang mudah dibaca.

5. Field Watch

field+watch
Field Watch

Field watch merupakan jenis jam tangan yang memiliki desain kokohdan tangguh, serta memiliki fungsi serbaguna untuk berbagai macam tugas aktif. Memiliki ukuran yang kecil hingga sedang, dengan tali kulit atau kanvas, dan memiliki tampilan angka dan komplikasi tanggal yang mudah dilihat.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis jam tangan analog dan kegunannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top