Home » Ilmu Pengetahuan » Apa Saja Ciri-Ciri Iklan Yang Baik?

Apa Saja Ciri-Ciri Iklan Yang Baik?

ciri+ciri+iklan+yang+baik
Ciri-Ciri Iklan Yang Baik

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik – Iklan yang baik tentunya saja dapat menarik banyak konsumen. Dalam pembuatannya, sebuah iklan harus dibuat sebaik mungkin, bersifat mengajak, serta mampu memberikan informasi yang benar. Dengan memuat hal-hal tersebut, maka akan memberikan keyakinan kepada calon konsumen. Lalu, seperti apa ciri-ciri iklan yang baik?

Iklan itu sendiri merupakan sebuah pesan yang berfungsi untuk membujuk calon konsumen agar menggunakan produk atau jasa. Sebuah iklan dikatakan baik jika mampu manarik target dengan tepat. Sebagai contoh, calon konsumen yang awalnya tidak tertarik dengan suatu produk, namun setelah melihat iklan akan menjadi tertatarik dengan produk tersebut.

Sebelum membahas apa saja iklan yang baik, berikut akan dijelaskan tentang ciri-ciri sebuah iklan. Secara umum, ciri-ciri sebuah iklan adalah sebagai berikut:

  • Persuasif, yakni bersifat mengajak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
  • Informatif, yakni memberikan informasi tentang penawaran
  • Komunikatif, yakni menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
  • Menonjolkan inti pesan, yakni menonjolkan pesan inti dari suatu yang diiklankan
  • Menarik, yakni menggunakan teks atau gambar pendukung agar orang yang melihatnya merasa terpengaruh.

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik

Sebuah iklan disebut memiliki ciri-ciri yang baik jika memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Menggunakan Bahasa Yang Baik

Hal paling penting dalam sebuah iklan yaitu bagaimana cara penulisan teks demi teks hingga menjadi bahasa kalimat yang baik dan menarik. Penggunaan bahasa yang tepat, maka sebuah iklan dapat memberikan pesan yang lebih menarik. Dengan begitu, iklan menjadi mudah diingat oleh konsumen. Berbeda jika sebuah iklan meggunakan bahasa bertele-tele, pasti calon konsumen merasa tidak tertarik.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

2. Memiliki Gambar Yang Menarik

Ciri-ciri iklan yang baik selanjutnya yaitu memiliki gambar yang menarik. Dalam pembuatan iklan, tentunya harus dapat memadukan teks dan gambar pendukung dengan tepat. Jika sebuah iklan hanya berisi kata-kata, pasti banyak yang mengabaikannya. Namun jika memiliki gambar, pasti calon konsumen akan lebih tertarik dan berminat untuk melihatnya.

3. Dibuat Secara Singkat, Padat, dan Jelas

Memberikan informasi secara singkat, jelas dan padat merupakan hal penting ketika membuat sebuah iklan. Dengan menjelaskan produk dengan jelas, maka calon konsumen akan mengetahui informasi terkait hal yang diiklankan. Iklan yang baik, pasti memiliki penjelasan produk yang dituliskan dengan singkat, padat, dan jelas.

4 .Menonjolkan Inti Pesan

Iklan yang dibuat dengan benar adalah iklan yang di dalamnya menonjolkan pesan inti dari produk yang disampaikan. Melalui pesan inti, maka sebuah iklan akan menjadi lebih fokus. Oleh sebab itu, iklan yang baik pasti akan menunjukan pesan intinya. Hal itu biasanya dilakukan dengan cara penulisan yang berbeda, misalnya ukuran teks yang lebih besar, warna yang mencolok, atau gambar unik yang mewakili isi iklan.

5. Disampaikan Secara Komunikatif dan Informatif

Penyampaian iklan haruslah menggunakan bahasa yang komunikatif dan informatif. Hal ini bertujuan agar pesan yang tersampaikan lebih terarah secara tepat sesuai yang diharapkan. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara menggunakan bahasa iklan yang baik dan mudah dipahami dalam menjelaskan detail produk yang diiklankan.

Baca Juga :  Cara Membuat Halaman Facebook (Fanspage)

6. Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif merupakan sebuah kalimat yang didalamnya bersifat mengajak, merayu, atau membujuk. Ciri-ciri iklan yang baik pasti memiliki sederetan kata atau kalimat persuasif di dalamnya. Hal ini bertujuan agar pesan iklan yang dipublikasikan mampu mendorong dan mempengaruhi calon konsumen agar semakin tertarik.

7. Bersifat Jujur dan Objektif

Pembuatan iklan yang baik harus bersifat jujur dan objektif. Tujuannya adalah agar calon konsumen semakin percaya atas kualitas prosuk yang ditawarkan. Meskipun dalam penyampaiannya biasanya menggunakan kata-kata yang melebih-lebihkan, namun pada intinya harus jujur sesuai dengan faktanya.

8. Tidak Menyinggung Kompetitor Lain

Iklan yang baik adalah iklan yang di dalamnya tidak menyinggung atau menjelek-jelekkan produk kompetitor lain. Meskipun tujuan iklan adalah untuk berkompetisi, namun tidak diperbolehkan untuk merendahkan produk-produk lain yang sejenis.

9. Menarik Perhatian

Iklan yang baik selalu memiliki nilai khusus yang mampu menarik perhatian konsumen. Pembuatan iklan yang dibuat semenarik mungkin pasti lebih mudah untuk diingat. Dengan begitu, maka calon konsumen menjadi terpengaruh dengan pesan iklan. Hal ini biasanya diterapkan melalui adegan atau gaya bahasa tertentu agar iklan lebih menarik.

10. Tepat Sasaran

Setiap iklan yang dibuat pasti mengharapkan sasaran yang tepat. Iklan yang baik akan selalu tepat sesuai dengan yang diharapkan. Dengan sasaran yang tepat, maka sebuah iklan dapat dikatakan berhasil dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Demikianlah pembahasan mengenai ciri-ciri iklan yang baik. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top