Home » Ilmu Pengetahuan » Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu Dan Gambarnya

Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu Dan Gambarnya

jenis+jenis+alat+ukur+waktu
Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu

Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu Dan Gambarnya – Waktu merupakan suatu hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Waktu dapat diukur dengan menggunakan alat ukur waktu. Berikut akan dibahas tentang jenis-jenis alat ukur waktu lengkap beserta gambarnya.

Alat ukur waktu adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur waktu. Terdapat berbagai jenis alat ukur waktu, seperti jam, stopwatch, dan kalender. Setiap alat ukur waktu tersebut memiliki satuan dan fungsi yang berbeda dalam menentukan skala waktunya.

Secara umum, fungsi alat ukur waktu adalah untuk menentukan lamanya suatu kegiatan, misalnya menentukan waktu bekerja, waktu olahraga, waktu istirahat, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu Dan Gambarnya

Waktu itu sendiri merupakan salah satu besaran pokok. Dalam satuan internasional (SI), satuan waktu adalah sekon (detik). Berikut merupakan jenis-jenis alat yang digunakan untuk mengukur waktu.

1. Jam

gambar+jam
Gambar Jam

Jam adalah alat ukur waktu yang paling umum digunakan. Hampir setiap orang memiliki jam yang menempel di dinding rumahnya. Atau juga jam yang menempel pada pergelangan tangan yang sering disebut dengan arloji.

Satu jam sama dengan 1/24 hari atau satu hari sama dengan 24 jam. Jam memiliki skala untuk dapat mengetahui nilainya. Skala terbesarnya yaitu jam, sedangkan skala terkecilnya dinamakan detik. Satu jam terdiri atas 60 menit dan 3600 detik.

Terdapat dua jenis jam, yakni jam analog dan jam digital. Jam analog memiliki tampilan berupa jarum penunjuk jam, menit, dan detik. Sementara itu, jam digital memiliki tampilan berupa angka-angka pada layar digital.

Baca Juga :  Contoh Kata Tanya Mengapa Beserta Jawabannya

2. Stopwatch

gambar+stopwatch
Gambar Stopwatch

Stopwatch adalah alat ukur waktu yang digunakan untuk menetukan lamanya waktu kegiatan. Misalnya untuk mengukur waktu yang dibutuhkan dalam suatu pertandingan olahraga, atau menghitung lamanya waktu dalam perlombaan.

Terdapat dua jenis stopwatch, yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Keduanya memiliki tingkat ketelitian yang berbeda. Stopwatch analog memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,1 sekon, sedangkan stopwatch digital memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,01 sekon.

Cara menggunakan stopwatch yaitu dengan cara menekan tombol yang ada di atas stopwatch. Tombol pertama, digunakan untuk memulai atau menghentikan waktu, sedangkan tombol kedua digunakan untuk mengatur stopwatch agar berada pada posisi nol.

3. Jam Matahari

gambar+jam+matahari
Gambar Jam Matahari

Jam matahari adalah salah satu jenis alat ukur waktu yang memanfaatkan pergerakan sinar matahari di siang hari. Cahaya matahari akan menghasilkan bayangan yang menunjuk angka-angka jam pada saat itu juga.

4. Jam Pasir

gambar+jam+pasir
Gambar Jam Pasir

Jam pasir merupakan alat ukur waktu yang berbentuk tabung yang di dalamnya berisi pasir. Pasir akan mengalir melalui tabung sempit menuju tabung di bawahnya secara teratur.

Penggunaan jam pasir saat ini sudah tidak begitu popular. Bahkan, sebagian orang hanya menjadikannya sebagai barang antik dan hiasan ruangan di dalam rumah.

5. Jam Air

gambar+jam+air
Gambar Jam Air

Jam air adalah alat ukur waktu yang memanfaatkan aliran air sebagai penunjuk waktu. Cara kerjanya yaitu memanfaatkan tetesan air yang keluar melalui lubang kecil di dasarnya. Air yang keluar dari lubang tersebut memiliki kecepatan tetesan yang hampir sama dengan detik.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Alat Ukur Sudut Dan Fungsinya

6. Jam Atom

gambar+jam+atom
Gambar Jam Atom

Jam atom merupakan suatu alat ukur yang memanfaatkan getaran atom-atom. Getaran ini sifatnya konkret pada suhu tertentu dan hanya dapat mengalami perubahan yang kecil sekali tiap ribuan tahun. Oleh sebab itu, jam atom disebut sebagai alat ukur waktu dengan tingkat ketelitian yang paling tinggi.

7. Kalender

gambar+kalender
Gambar Kalender

Kalender adalah salah satu jenis alat ukur waktu yang digunakan untuk mengukur kurun waktu yang lama, seperti hari, minggu, dan bulan dalam satu tahun. Kalender merupakan sebuah sistem pemberian nama pada sebuah periode waktu, seperti nama hari dan nama bulan.

Dasar pembuatan kelender di dasari oleh sistem gerakan benda-benda langit, seperti matahari dan bulan. Jika di Indonesia, kalender dibagi menjadi dua, yaitu kalender masehi dan hijriah. Kalender masehi didasari oleh pergerakan matahari, sedangkan pembuatan kalender hijriah didasari oleh pergerakan bulan.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis alat ukur waktu dan gambarnya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :