Home » Ilmu Pengetahuan » Cara Membuat Halaman Facebook (Fanspage)

Cara Membuat Halaman Facebook (Fanspage)

cara+membuat+halaman+facebook
Cara Membuat Halaman Facebook

Cara Membuat Halaman Facebook – Halaman facebook atau fans page merupakan salah satu fasilitas facebook yang disediakan untuk para penggunanya. Selain gratis, fasilitas ini juga memiliki banyak manfaat, seperti mempromosikan produk, tempat berbagi informasi, bahkan dapat dijadikan ladang penghasilan dengan memperoleh uang dari fans page. Untuk itu, bagi yang belum punya fans page, berikut akan diberikan informasi tentang langkah-langkab cara membuat halaman facebook atau fans page.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa selain digunakan untuk bisnis, halaman facebook juga banyak digunakan oleh organisasi dan lembaga resmi sebagai media pemberitahuan. Banyak juga tokoh-tokoh publik yang membuatnya untuk membagikan cerita agar terhubung dengan orang-orang. Orang yang menyukai atau mengikuti sebuah halaman, akan mendapatkan pembaruan di kabar beranda fanspage tersebut.

Manfaat Halaman Facebook

Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari membuat fans page di facebook, diantaranya yaitu :

1. Mempromosikan Produk

Halaman facebook banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media untuk mempromosikan produk yang dimilikinya. Tujuannya adalah agar produk atau nama perusahaan mereka menjadi semakin dikenal oleh banyak orang.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan. Hanya dengan fasilitas gratis, maka produk bisnis dapat di pasarkan hanya dengan membuat status tentang produk tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membayar promosi iklan.

Adapun beberapa produk yang dapat dipromosikan melalui fanspage, diantaranya yaitu brand/merek produk, nama perusahaan, toko online, website, dan lain sebagainya.

2. Memperkenalkan Nama Tokoh

Halaman facebook juga dapat digunakan untuk memperkenalkan nama tokoh terkenal, seperti artis, presiden, ustad, pengusaha sukses, pahlawan dan sebagainya. Dengan membuat halaman facebook dengan nama tokoh terkenal, maka besar kemungkinan halaman tersebut akan ramai dan terkenal.

Baca Juga :  Sifat-Sifat Benda Padat Dan Contohnya

3. Media Komunikasi Dengan Konsumen

Sama halnya akun facebook, halaman facebook juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang dari jarak jauh maupun dekat. Jika halaman digunakan sebagai promosi bisnis, tentu saja dapat digunakan sebagai media tanya jawab antara pemilik produk dengan konsumen. Misalnya memberikan penjelasan detail mengenai suatu produk yang dipromosikan.

4. Tempat Berbagi Informasi

Fanspage facebook memiliki fitur yang sama seperti beranda, yakni memposting status. Dengan begitu, kita dapat memanfaatkannya sebagai media berbagi informasi berupa teks, gambar, maupun video yang berisi pemberitahuan, liputan berita, tips, tutorial, dan lain sebagainya.

5. Ladang Penghasil Uang

Halaman facebook ternyata juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari uang seperti halnya youtube dan blog. Namun, hal ini masih jarang yang mengetahuinya. Karena memang untuk memonetise fanspage ini harus benar-benar mengikuti kebijakan dan persyaratan yang berlaku di fanspage facebook.

Sudah tahu kan pentingnya memiliki halaman facebook? Nah, jika berniat untuk membuatnya, silahkan mengikuti langkah-langkah cara membuat halaman facebook berikut ini.

Cara Membuat Halaman Facebook

Untuk membuat halaman Facebook caranya sangat mudah. Selain gratis, kita juga dapat membuatnya menggunakan HP. Dan berikut merupakan panduan membuat halaman facebook.

1. Login ke akun facebook yang kita miliki. Kemudian pilih tanda menu garis tiga di pojok kanan atas.

2. Selanjutnya pilih menu halaman (icon gambar bendera), kemudian pilih Buat dan tekan Mulai.

Baca Juga :  Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya
cara+membuat+halaman+facebook
Cara Membuat Halaman Facebook

3. Berilah nama halaman facebook yang akan dibuat sesuai nama yang diinginkan pada kolom Nama Halaman.

cara+membuat+halaman+facebook
Mengisi Nama Halaman Facebook

4. Selanjutnya adalah memilih kategori yang sesuai dengan tema halaman yang dibuat. Masing-masing kategori memiliki sedikit pengaturan yang berbeda, namun kita bisa menyesuaiakannya. Jika sudah dipilih, tekan Selanjutnya. Pada contoh di bawah ini, kategori yang dipilih adalah Blog Pribadi.

cara+membuat+halaman+facebook
Memilih Kategori Halaman Facebook

5. Karena pada contoh ini kategori yang dipilih adalah Blog Pribadi, maka akan diminta untuk memasukkan alamat website. Masukan alamat situs web dengan benar. Kemudian tekan Selanjutnya.

6. Setelah menambahkan alamat web, langkah selanjuynya yaitu melengkapi Foto Profil dan Foto Sampul halaman agar terlihat profesional dan mudah diingat oleh pengikut halaman. Tekan Tambahkan Sebuah Foto Profil atau pilih gambar pensil untuk edit Foto Profil. Kita bisa memilih foto profil yang tersimpan di galery HP. Jika sudah dipilih, tekan Simpan. Kemudian tekan Selanjutnya. Lalu tekan Kunjungi Halaman.

cara+membuat+halaman+facebook
Cara Mengedit Halaman Facebook

Nah, sekarang halaman facebok telah selesai dibuat dan siap digunakan. Langkah selanjutnya kita dapat mengundang teman untuk menyukai halaman atau bisa juga langsung membuat postingan di beranda halaman tersebut.

Demikianlah tutorial cara membuat halaman facebook menggunakan HP. Perlu diketahui bahwa kita dapat membuat banyak fanspage hanya dengan menggunakan satu akun facebook. Jadi, jika ingin membuat halaman baru, cukup mengikuti langkah-langkah seperti yang diuraikan di atas dan tidak perlu membuat akun facebook baru. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top