Home » Ilmu Pengetahuan » Cara Edit Video Menggunakan Kinemaster

Cara Edit Video Menggunakan Kinemaster

cara+edit+video+menggunakan+kinemaster
Cara Menggunakan Kinemaster

Cara Edit Video Menggunakan Kinemaster – Salah satu aplikasi edit video terbaik yang dapat digunakan di Hp adalah Kinemaster. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kita dapat membuat dan edit video berkualitas dengan mudah tanpa harus Menggunakan komputer. Nah, bagi yang ingin tahu caranya, silahkan simak panduan berikut ini tentang cara edit video menggunakan Kinemaster.

Tutorial Edit Video Menggunakan Kinemaster

cara+edit+video+di+kinemaster
Cara Edit Video Menggunakan Kinemaster

Pastikan aplikasi edit video Kinemaster telah terpasang di Hp, atau jika belum kita bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store. Jika ingin video yang dihasilkan tanpa watermark, silahkan unduh yang versi premium. Dan berikut langkah-langkah edit video menggunakan Kinemaster.

1. Buka Aplikasi Kinemaster

Buka aplikasi kinemaster yang sudah terinstal di hp kalian. Kemudian pilih lingkaran besar yang terletak di tengah berwarna merah untuk memulai membuat atau edit video menggunakan Kinemaster dari foto dan video yang telah tersimpan di Hp.

2. Pilih Aspek Rasio Video

Kemudian pilih aspek rasio video yang akan dibuat. Perlu diketahui, jika memilih rasio 16:9 maka posisi video adalah lanscape (horizontal), jika rasio 9:16 maka posisi video menjadi portrait (vertikal), dan jika memilih 1:1 maka posisi video adalah square (kotak). Oleh sebab itu, pilihlah sesuai yang diinginkan sebelum memulai edit video dengan Kinemaster. Jika menginginkan posisi video layar penuh, maka pilihlah aspek rasio 16:9 atau lanscape.

3. Memahami Fitur – Fitur Kinemaster

Setelah itu, akan muncul tampilan layar kerja. Tampilan tersebut merupakan tampilan timeline yang akan digunakan untuk membuat dan mengedit video. Sebelum memulai lebih lanjut, sedikit akan dijelaskan mengenai fungsi fitur-fitur yang ada di timeline.

  • Back = Untuk kembali ke pengeditan sebelumnya.
  • Foward = Untuk menuju ke pengeditan selanjutnya.
  • Share = Untuk menyimpan video ke galery.
  • Screenshot = Untuk mengambil
  • gambar pada layar pengeditan.
  • Setting = Untuk mengatur audio, video, dan penyuntingan.
  • Zoom = Untuk memperbesar tampilan papan edit.
  • Fash Back/Foward = Untuk mengembalikan ke awal atau akhir video secara cepat.
  • Back Menu = Untuk kembali ke menu sebelumnya.
  • Media = Untuk mengambil gambar atau video yang tersimpan di memori hp.
  • Lapisan = Untuk menambahkan fitur lapisan media, efek, hamparan, teks, dan tulisan tangan.
  • Suara = Untuk merekam suara secara langsung.
  • Audio = Untuk menambahkan audio (musik) ke dalam video.
  • Kamera/Video = Untuk mengambil foto atau video secara langsung.
  • Toko asset = untuk mengunduh fitur-fitur spesial (ada yang bebas dan ada yang premium).
  • Play = Untuk memutar video.
Baca Juga :  Jumlah Angka Nol Mata Uang Rupiah Indonesia

4. Memasukan Gambar Dan Video

Setelah memahami seluruh fitur dan fungsinya, langkah selanjutnya kita bisa mencoba memasukan gambar atau video yang sudah ada di memory Hp. Caranya yaitu memilih fitur media, kemudian klik gambar atau video yang akan dimasukan ke timeline, setelah itu klik tanda centang yang ada di pojok kanan atas. Kita bisa memilih beberapa gambar dan video secara langsung dengan cara mengklik gambar dan video yang akan dibutuhkan.

5. Menambahkan Efek Transisi

Untuk memberi efek transisi antara video yang satu dengan video lainnya, cukup mengklik kotak putih diantara kedua video. Maka akan muncul berbagai tampilan menu efek transisi (pergantian) video yang unik dan keren yang siap dijadikan sebagai perantara antar video.

Baca Juga :  Contoh Kata Tanya Bagaimana Beserta Jawabannya

6. Menambahkan Teks Video

Kemudian kita mencoba untuk menambahkan teks tulisan ke dalam video. Caranya yaitu dengan memilih lapisan, kemudian klik teks. Silahkan tulis kata yang akan dimasukan ke dalam video kemudian klik pilih. Jika teks sudah masuk ke layar, kita bisa mengubah font (jenis huruf), warna, dan efek animasi teks dengan menggunakan tombol pengaturan yang muncul di sebelah kanannya.

7. Input Audio

Untuk memasukan suara atau musik, pilihlah fitur audio. Kemudian pilihlah musik yang akan dimasukan ke video dengan mengklik tanda plus (+) dan pilih tanda centang.

8. Simpan Video Ke Galery

Jika pengeditan video telah selesai dan ingin menyimpannya ke galery, pilihlah tombol share. Kemudian aturlah resolusi dan bingkai video yang diinginkan.

Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih seperti HD, FHD, dan QHD. Untuk pilihan bingkai ada cinema dan PAL. Semakin tinggi kualitasnya maka, kapasitas videonya juga semakin besar. Jika sudah diatur sedemikian rupa, pilih ekspor dan tunggu sampai proses selesai. Maka video akan tersimpan di galery hp secara otomatis.

Demikianlah pembahasan mengenai cara edit video menggunakan Kinemaster untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top