Home » Seni Rupa » Alat Dan Media Untuk Menggambar

Alat Dan Media Untuk Menggambar

alat+dan+media+untuk+menggambar
Alat Dan Media Untuk Menggambar

Alat Dan Media Untuk Menggambar – Menggambar merupakan hal yang sangat menarik. Untuk menghasilkan karya gambar yang bernilai tinggi, maka diperlukan alat dan media yang mumpuni. Lalu, apa saja alat dan media yang digunakan untuk menggambar agar hasilnya optimal?

Dalam istilah menggambar, ada dua tehnik yang harus dipahami, yaitu tehnik kering dan tehnik basah. Perbedaannya adalah pada alat yang digunakan. Pada teknik kering, tidak membutuhkan cairan pada media pewarnanya. Sedangkan tehnik basah memerlukan cairan pada media pewarnanya.

Alat menggambar merupakan peralatan yang digunakan untuk membuat gambar, sedangkan media merupakan bahan atau tempatnya. Dengan menggunakan alat dan media yang tepat, maka proses menggambar akan lebih mudah. Nah, berikut merupakan beberapa alat dan media yang sering digunakan untuk menggambar, baik gambar ilustrasi maupun gambar model.

Alat Dan Media Untuk Menggambar

1. Pensil

Pensil adalah alat utama yang digunakan untuk menggambar. Pensil memiliki banyak jenis, diantaranya yaitu:

  • Pensil H, merupakan jenis pensil yang sifatnya keras, sehingga sangat baik digunakan untuk membuat garis tipis
  • Pensil B, merupkan pensil yang bersifat lunak, biasanya digunakan untuk membuat garis tebal atau hitam pekat
  • Pensil 2B, merupakan pensil yang bersifat lembut dan lunak, sehingga cocok digunakan untuk memperjelas sketsa dan bentuk arsiran dasar
  • Pensil Mekanik, merupakan jenis pensil yang sering digunakan untuk menggambar tehnik, karena memiliki ukuran mata pensil yang kecil dan mendetail
  • Pensil Conte, merupakan jenis pensil yang memiliki mata pensil lebih lebar dari pensil biasa, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat arsiran

2. Penghapus

Penghapus merupakan alat gambar yang digunakan untuk menghapus jika terjadi kesalahan dalam menggambar. Diantara kegunaan penghapus antara lain untuk menghilangkan sketsa yang tidak dibutuhkan atau kelebihan garis gambar.

Baca Juga :  Cara Menggambar Bintang Segi 5, 6, dan 8

Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang memiliki sifat lunak dan lentur, serta tidak memberi bekas hitam pada kertas dan tidak merusak permukaan kertas.

3. Kertas Gambar

Kertas adalah media atau tempat menggambar. Dalam menggambar, sebaiknya menggunakan kertas gambar sesuai kebutuhan. Misalnya, kertas yang tidak terlalu tipis dan dapat menyerap bahan pewarna dengan baik.

Beberapa jenis kertas bertekstur yang dapat digunakan untuk menggambar antara lain, kertas concorde, kertas linen, dan kertas manila yang memiliki ukuran standar, seperti kertas A3, kertas A4, kertas kwarto, dan lain-lain.

4. Kanvas

Kanvas merupakan media untuk menggambar yang mempunyai pori-pori dan telah ditutup cdengan at dasar berwarna putih. Kanvas berbeda dengan kertas. Umumnya, media kertas menggunakan pensil sebagai alat menggambar, sedangkan media kanvas menggukan cat minyak.

5. Penggaris

Penggaris merupakan alat menggambar yang digunakan sebagai alat bantu dalam mengukur skala yang akan digunakan pada objek gambar. Dengan menggunakan penggaris, maka akan menghasilkan gambar yang rasional. Dalam penggunaan sederhana, penggaris biasa digunakan untuk membuat sebuah garis lurus pada tepian kertas gambar.

6. Jangka

Jangka adalah alat untuk menggambar bentuk-bentuk geometris, seperti busur atau lingkaran. Betuk lingkaran yang dihasilkan menggunakan jangka akan terlihat lebih rapi dan memiliki ketepatan ukuran. Alat gambar yang satu ini bisanya digunakan dalam menggambar bidang-bidang matematika, gambar teknik, perspektif, dan lain sebagainya.

7. Pewarna

Pewarna merupakan alat menggambar yang digunakan untuk mewarnai obyek gambar yang diperlukan. Terdapat beberapa jenis pewarna dalam menggambar, diantaranya yaitu:

Baca Juga :  8 Tehnik Menggambar Dan Contohnya

a. Pensil Warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan ketika menggunakan pensil warna sangat mempengaruhi karakter dan ketajaman warna. Umumnya, pensil warna digunakan untuk mewarnai gambar dengan cara gradasi.

b. Krayon

Krayon merupakan alat pewarna yang terbuat dari dari bahan berbasis kapur dan bahan minyak (lilin). Krayon terbagi menjadi dua, yaitu krayon pensil dan krayon batangan. Selanjutnya, kedua jenis krayon itu ada yang berbahan lunak dan ada yang keras. Umumnya, kesan warna yang dihasilkan krayon adalah lembut dan cerah.

c. Pastel

Pastel merupakan sebuah alat pewarna yang memiliki bentuk batangan atau stik yang terbuat dari serbuk yang direkatkan menggunakan gom arab dan membentuk batangan-batangan pewarna.

d. Spidol

Spidol adalah alat pewarna sejenis pena dengan memiliki tinta tersendiri di dalamnya, di mana ujungnya terbuat dari serat berpori yang sangat memudahkan dalam melakukan pewarnaan.

e. Cat Air

Car air merupakan jenis pewarna yang terdiri atas bentuk tube dan batangan. Penggunaan cat air bentuk tube menggunakan palet, sedangkan cat air batangan dapat digunakan langsung untuk mewarnai.

f. Cat Akrilik

Cat akrilik merupakan salah satu pewarna yang terbuat dari pigmen dengan tersuspensi dalam emulsi polimer akrilik. Cat akrilik bisa larut dalam air, namun tahan air ketika sudah mengering.

g. Cat Minyak

Cat minyak merupakan alat pewarna yang terdiri dari partikel pigmen warna yang diikat dengan media minyak pengikat pigmen warna, yakni minyak linen. Kesan yang ditampilkan dengan menggunakan cat minyak adalah cerah dan mengkilap.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa alat dan media yang digunakan untuk menggambar. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top