Home » Seni Rupa » Macam – Macam Jenis Warna Dan Artinya

Macam – Macam Jenis Warna Dan Artinya

macam+macam+warna
Macam – Macam Warna

Macam – Macam Jenis Warna Dan Artinya – Warna adalah gelombang cahaya yang dipancarkan oleh cahaya putih yang tertangkap oleh mata. Cahaya tersebut merupakan cahaya sempurna yang terbentuk oleh sekumpulan spektrum yang terdiri dari berbagai macam jenis warna.

Warna merupakan unsur dalam seni rupa, yaitu elemen penting yang digunakan untuk menghidupkan karya lukisan. Jenis warna yang digunakan untuk melukis merupakan perpaduan dari macam-macam bahan kimia yang menghasilkan kesan kontras maupun gelap terang yang dapat dinikmati oleh mata.

Dalam prosesnya, untuk menghasilkan warna-warna pada lukisan dapat dilakukan dengan cara memadukan antara warna yang satu dengan yang lainnya. Sehingga, munculah berbagai jenis warna dengan nama yang berbeda-beda.

Macam – Macam Jenis Warna Dan Artinya

Berdasarkan pengelompokan dalam lingkaran warna, terdapat 5 jenis warna, berikut penjelasannya.

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna utama atau warna dasar yang terbentuk dengan sendirinya tanpa disertai oleh percampuran warna yang lain. Perpaduan dari warna-warna primer akan menghasilkan warna-warna sekunder. Warna primer terdiri dari:

  • Warna merah
  • Warna biru
  • Warna kuning

2. Warna Sekunder

Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari perpaduan antara dua warna primer. Dengan mencampurkan dua jenis warna primer, maka akan diperoleh beberapa warna sekunder. Diantara warna-warna sekunder yaitu:

  • Warna orange, merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna kuning.
  • Warna hijau, merupakan perpaduan antara warna biru dengan warna kuning.
  • Warna ungu, merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna biru.

3. Warna Intermediate

Warna intermediate adalah warna-warna perantara antara warna primer dan warna sekunder. Pada lingkaran warna, jenis warna ini terletak diantara warna primer dan warna sekunder. Ada pun yang termasuk dalam warna intermediate yaitu:

  • Warna merah violet (Red Violet), merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna violet.
  • Warna merah jingga (Red Orange), merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna orange.
  • Warna kuning jingga (Yellow Orange), merupakan perpaduan antara warna kuning dengan warna orange.
  • Warna kuning hijau (Yellow Green), merupakan perpaduan antara warna kuning dengan warna hijau.
  • Warna biru hijau (Blue Green), merupakan perpaduan antara warna biru dengan warna hijau.
  • Warna biru violet (Blue Violet), merupakan perpaduan antara warna biru dengan warna violet.
Baca Juga :  Macam - Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

4. Warna Tersier

Warna tersier adalah warna yang dihasilkan oleh hasil perpaduan antara warna primer dengan warna sekunder. Diantara warna-warna tersier antara lain :

  • Warna coklat merah, merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna hijau.
  • Warna coklat kuning, merupakan perpaduan antara warna kuning dengan warna ungu.
  • Warna coklat biru, merupakan perpaduan antara warna biru dengan warna orange.

5. Warna Kuarter

Warna kuarter adalah warna yang berasal dari perpaduan antara dua warna tersier. Berikut merupakan beberapa contoh warna kuarter:

  • Warna coklat jingga, merupakan hasil perpaduan antara warna merah tersier dengan warna kuning tersier.
  • Warna coklat ungu, merupakan hasil perpaduan antara warna biru tersier dengan warna merah tersier.
  • Warna coklat hijau, merupakan hasil perpaduan antara warna kuning tersier dengan warna biru tersier.

Itulah pengelompokan jenis warna pada lingkaran warna. Selain dari jenis-jenis warna tersebut, kita juga perlu mengetahui nama-nama warna dan artinya masing-masing.

Nama – Nama Warna Dan Artinya

Dari hasil perpduan warna, maka diperoleh bermacam-macam warna sangat beragam. Setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Berikut ini merupakan nama-nama beberapa macam warna beserta artinya.

1. Warna Hitam

Warna hitam merupakan kebalikan dari warna putih. Warna hitam dapat melambangkan karakter jiwa yang gelap, buruk, dan sifat-sifat yang kurang baik. Dan warna hitam ini juga menggambarkan kepribadian yang buruk dan tidak baik.

2. Warna Putih

Warna putih memiliki makna kesucian, karakter jiwa yang bersih, dan melambangkan sifat-sifat yang baik. Warna ini menggambarkan kepribadian seseorang yang baik, sopan dan santun.

3. Warna Merah

Warna merah adalah gambaran dari kepribadian yang berani, kuat, tegas, semangat, aktif, dominan, hidup, serta cinta kasih yang membara. Warna merah ini memiliki karakter dan sifat pemberani, sehingga sangat cocok menjadi icon kepemimpinan.

Baca Juga :  Garis Nyata Dan Garis Semu

4. Warna Kuning

Warna kuning dapat menggambarkan perasaan bahagia, semangat, ceria, kehangatan dan optimisme. Warna kuning ini memiliki karakter dari kepribadian seseorang yang penuh ceria dan penuh percaya diri.

5. Warna Merah Muda

Warna merah muda atau pink merupakan karakteristik wanita. Warna ini memiliki gambaran yang lemah lembut, menarik, dan cantik. Selain itu warna pink ini juga menggambarkan kepribadian yang feminim, romantis, dan kasih sayang.

6. Warna Oranye

Warna oranye memiliki gambaran kesan hangat dan bersemangat. Warna orange ini merupakan lambang petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan bersosialisasi. Tetapi, warna oranye juga memiliki karakteristik sebuah kenangan manis.

7. Warna Biru

Warna biru merupakan gambaran dari pemikiran yang jernih. Warna ini juga dipercaya dapat melambangkan kemampuan berkomunikasi, ekspresi, artistik dan simbol kekuatan. Selain itu, warna biru juga memiliki karakter kepribadian yang melankolis.

8. Warna Hijau

Warna hijau adalah gambaran yang selaras, seimbang, ketenangan, perdamaian, dan kepuasan. Warna hijau memiliki karakter kepribadian dari seseorang yang bersifat tenang dan berfikir dewasa.

9. Warna Coklat

Warna coklat dapat menggambarkan suasana hangat, tenang dan nyaman. Karakteristik warna coklat ini berkesan kuat dan dapat diandalkan. Tetapi jika warna coklat yang berlebihan dapat melambangkan dominan yang kaku dan tidak berperasaan.

10. Warna Ungu

Warna ungu merupakan lambang kesetiaan, kepuasan, menarik perhatian dan mampu memancarkan kekuatan. Warna ungu ini juga memiliki karakter independen, ambisius, visioner, dan kemewahan. Namun, warna ungu yang berlebihan sering melambangkan sifat kesendirian.

11. Warna Abu-Abu

Warna abu-abu sangat kuat sebagai karakter rasa tanggung jawab, mandiri, dan keseriusan. Namun, banyak juga yang menyebutnya jika warna abu-abu ini memiliki gambaran abstrak, tidak jelas, dan bersifat labil.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam jenis warna dan artinya masing-masing. Semoga bermanfaaat.

Baca Lagi :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *