Home » Ilmu Pengetahuan » Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Kinemaster

Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Kinemaster

cara+membuat+tulisan+berjalan+di+kinemaster
Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Kinemaster

Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Kinemaster – Pasti kita sering melihat tulisan berjalan pada sebuah video. Biasanya terdapat pada video klip musik, dimana lirik lagunya akan muncul dan bergerak mengikuti alur lagunya. Tahukah Anda, jika teks berjalan tersebut dapat dibuat melalui aplikasi smartphone yang bernama kinemaster?

Kinemaster merupakan aplikasi edit video terbaik saat ini. Berbagai fitur yang dimilikinya, sangat memungkinkan kita untuk mengedit tampilan video dengan mudah. Misalnya membuat gambar bergerak, membuat teks berkedip, hingga membuat tulisan berjalan yang akan diulas pada artikel ini.

Cara membuat tulisan berjalan pada di kinemaster sangatlah mudah, hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan tulisan akan segera berjalan dengan sendirinya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Kinemaster

Sebelum memulai membuat tulisan berjalan, pastikan aplikasi kinemaster telah tersedia di hp Anda. Dan untuk caranya, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Baca Juga :  Contoh Kata Tanya Berapa Beserta Jawabannya

1. Masuk Ke Aplikasi Kinemaster

Masuk ke aplikasi kinemaster, pilih tanda (+) untuk membuat video baru. Kemudian pilih aspek rasio, untuk tampilan video pada umumnya yaitu 16:9 (melebar kesamping). Namun, ada jug apilihan lainnya seperti 9:16 dan 1:1.

2. Memilih Warna Latar (Background)

Setelah masuk ke layar edit video, langkah pertama adalah memilih menu media, kemudian pilih latar (background) sesuai keinginan. Ada beragam warna yang dapat dipilih, seperti warna polos atau backgroud bergambar.

3. Membuat Teks

Jika sudah menentukan warna latar, selanjutnya yaitu pilih menu lapisan, kemudian pilih T (teks). Tulislah kata-kata atau kalimat yang akan dibuat berjalan di dalam video. Misalnya teks selamat datang atau salam penutup video.

4. Mengedit Warna, Font, Dan Letak Teks

Pada tahap ini, ada beberapa pengaturan untuk merubah warna teks, memilih jenis font, mengatur zoom, dan penempatan teks. Jangan lupa untuk menekan ceklist (V) jika selesai melakukan setting.

  • Tombol lingkaran putih digunakan untuk memilih warna teks.
  • Tombol Aa digunakan untuk memilih jenis font pada teks berjalan.
  • Tanda panah pada layar digunakan untuk melakukan zoom pada teks, serta untuk memutar teks berdasarkan sudut yang diinginkan. Sedangkan untuk penempatan teks di layar, tekan dan geser ke tempat yang diinginkan.
  • Garis merah merupakan letak dimana teks akan memulai berjalan.
Baca Juga :  Urutan Lapisan Matahari Dari Inti Hingga Terluar

5. Memilih Animasi Dan Durasi Kecepatan

Setelah melakukan setting pada teks, pilih animasi masuk, kemudian scroll kebawah dan pilih masuk geser ke kanan. Untuk mengatur durasi kecepatan teks, pilih angka yang ada di bawahnya. Semakin kecil angkanya, maka teks akan berjalan semakin cepat. Tekan ceklist (V) jika selesai mengaturnya. Selesai, kini Anda dapat melakuan test dengan memutar tombol play untuk melihat hasilnya.

Demikianlah pembahasan mengenai langkah-langkah membuat tulisan berjalan di video dengan menggunakan aplikasi kinemaster. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top