Home » Ilmu Pengetahuan » Jenis-Jenis Jam Tangan Berdasarkan Tampilannya

Jenis-Jenis Jam Tangan Berdasarkan Tampilannya

jenis+jenis+jam+tangan
Jenis-Jenis Jam Tangan

Jenis-Jenis Jam Tangan – Pada umumnya, jam dibedakna menjadi dua jenis, yakni jam tangan dan jam dinding. Jam tangan adalah alat pengukur waktu yang digunakan pada pergelangan tangan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis jam tangan berdasarkan tampilannya.

Sangat berbeda dengan jaman dahulu, orang dapat mengetahui waktu melalui adanya jenis jam tradisional, seperti jam pasir, jam air, atau jam matahari. Namun, saat ini lebih mudah mengetahuinya dengan adanya jam tangan yang dapat dilihat kapan saja dan dimana saja.

Jam tangan kini tak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu, namun merupakan aksesoris yang dapat menambah percaya diri dan simbol kemewahan. Berbagai macam bahan dan model yang ada, menjadikan munculnya berbagai jenis jam tangan dengan fungsi dan tampilan yang disesuaikan bagi para penggunanya.

15 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Tampilannya

Terdapat berbagai macam jenis jam berdasarkan bahan, fungsi, maupun tampilannya. Berikut merupakan jenis-jenis jam tangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

1. Jam Tangan Analog

jam+tangan+analog
Jam Tangan Analog

Jan tangan analog merupakan jenis jam yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Disebut jam analog karena memiliki tampilan jarum sebagai penunjuk waktu.

Umumnya terdapat tiga jarum penunjuk pada jam analog, yakni jarum penunjuk jam, menit, dan detik. Jam tangan ini terbilang sederhana, namun memiliki tampilan yang klasik dan elegan.

2. Jam Tangan Digital

jam+tangan+digital
Jam Tangan Digital

Jam digital dapat dikatan sebagai jam modern karena merujuk pada penggunaan LCD sebagai tampilan utamanya. Pada jam digital penunjuk waktunya menggunakan angka atau numeric yang biasanya dipisahkan dengan tanda titik dua sebagai pemisah antara satuan jam, menit, dan detik. Selain itu, jenis jam yang satu ini biasanya dilengkapi dengan adanya tanggal, stopwatch, dan lampu.

3. Jam Tangan Analog-Digital

jam+tangan+analog+digital
Jam Tangan Analog-Digital

Jam tangan ini merupakan perpaduan antara jam tangan analog dan digital. Di mana penunjuk waktu pada jam tangan ini menggunakan jarum dan angka-angka pada layar digital.

4. Jam Tangan Chronograph

jam+tangan+chronograph
Jam Tangan Chronograph

Jam tangan chronograph memiliki ciri khas adanya lingkaran-lingkaran waktu berukuran kecil pada tampilannya sebagai penunjuk jam. Jenis jam chronograph ini juga memadukan penunjuk waktu analog dan stopwatch. Sehingga biasanya di sampingnya terdapat beberapa tombol yang digunakan untuk mengatur waktu dan stopwatch.

Baca Juga :  Macam-Macam Alat Ukur Panjang Beserta Fungsinya

5. Jam Tangan Quartz

jam+tangan+quatrz
Jam Tangan Quartz

Jam quartz merupakan jenis jam yang menggunakan sebuah tehnologi penghemat baterai. Dengan ditenagai penggerak quartz, jam ini disebut sebagai jam yang paling akurat dalam ketepatan waktu. Meskipun begitu, jam ini masih memiliki kekurangan, yakni masih membutuhkan penggantian baterai jika habis.

6. Self Winding Watch

self+winding+watch
Self Winding Watch

Berbeda dengan jenis jam pada umumnya, keunikan dari self winding watch adalah adalah tidak menggunakan baterai sebagai tenaga penggeraknya. Namun akan bekerja dari gerakan penggunanya.

Melalui gerakan saat dipakai, maka akan menggerakkan rotor dan memutar jarum penunjuk jam. Jam ini akan mati jika disimpan terlalu lama, namun akan aktif kembali ketika mendapat gerakan saat dipakai.

7. Jam Tangan Luxury

jam+tangan+luxury
Jam Tangan Luxury

Jam tangan luxury merupakan jam tangan eksklusif yang dibuat dengan bahan dan material khusus dan berkualitas tinggi. Seperti emas, berlian, platinum, dan material berharga lainnya.

Jenis jam ini biasanya dibuat dengan desain yang rumit, detail, dan terdiri dari sparte part yang sangat kecil. Tampilan jam tangan luxury sangat mewah dan elegan. Sehingga harganya pun sangat mahal.

8. Jam Tangan Dress

dress+watch
Dress Watch

Jam tangan dress atau dress watch merupakan jam tangan mewah yang memiliki fungsi mirip dengan jenis jam tangan lainnya. Jam tangan ini menampilkan sisi elegan yang disesuaikan dengan busana jas, kemeja lengan panjang, maupun pakaian formal lainnya.

Dress watch memiliki kelebihan tersendiri, yakni menonjolkan kesan yang sederhana, namun tetap menawan. Tujuan utama pembuatan dress watch adalah untuk kebutuhan acara formal yang menuntut penggunanya untuk tampil elegan dan menawan.

9. Smartwatch

smartwatch
Smartwatch

Smartwatch merupakan jenis jam yang muncul di abad modern seperti sekarang ini. Tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu, namun jam jenis ini memiliki berbagai fitur canggih yang dapat digunakan, seperti GPS, kamera, panggilan telephone, pesan masuk, notifikasi media sosial, kalendar, dan fitur-fitur lainnya yang dapat merekam aktivitas sehari-hari, seperti menghitung langkah kaki dan memantau kualitas tidur.

10. Jam Tangan Automatic

jam+tangan+automatic
Jam Tangan Automatic

Jam tangan automatic meruapakan jenis jam yang menggunakan mesin mekanis dan tidak menggunakan baterai. Mesin jam akan berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu Dan Gambarnya

Jam ini biasanya digandrungi oleh para pecinta arloji. Memiliki ciri khas pada bunyinya dengan suara ticking menjadikan jam ini mudah dikenali dan memiliki harga yang cukup mahal.

11. Jam Tangan Water Resistant

jam+tangan+water+resistant
Jam Tangan Water Resistant

Jam tangan water resistant adalah jenis jam tahan air yang biasanya memiliki simbol khusus pada bagian belakang penampang jam. Simbol tersebut menunjukan seberapa kuat jam tersebut dalam menahan air.

Kemampuan tahan air masing-masing jam water resistant berbeda-beda. Untuk satuan yang digunakan dalam kemampuannya dalam menahan air adalah atm (atmosfer), bar, dan m (meter).

12. Jam Tangan Militer

jam+tangan+militer
Jam Tangan Militer

Jam tangan militer merupakan jam yang didesain khusus dengan material yang kuat dan kokoh. Jam ini biasanya digunakan oleh para angkatan militer. Jam tangan militer bukanlah sekadar aksesoris pergelangan tangan biasa, tetapi telah dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang fungsional. Seperti senter, nyala lampu SOS, dan fitur khusus lainnya.

13. Jam Tangan Pilot

jam+tangan+pilot
Jam Tangan Pilot

Jam tangan pilot adalah jenis jam yang dibuat dengan desain dial berukuran besar dan jelas, bermaterial ringan, dan memiliki fitur glow in the dark. Ketika sedang mengudara, seorang pilot membutuhkan fokus penuh, sehingga benda-benda pendukung yang digunakan harus berkarakter sederhana, ringan, dan mudah dilihat.

14. Jam Tangan Perawat

jam+tangan+perawat
Jam Tangan Perawat

Jam tangna perawat merupakan jenis jam yang dibuat khusus bagi para perawat. Jam jenis ini memiliki tingkat akurasi detik yang disesuaikan dengan detak jantung manusia. Umumnya dibuat menggunakan material yang mudah dibersihkan. Keutamaan jenis jam tangan ini adalah adanya petunjuk prediksi denyut nadi atau detak jantung.

15. Dive Watch

dive+watch
Dive Watch

Dive watch atau jam tangan selam adalah jam tangan yang didesain untuk aktivitas penyelamanan. Jenis jam ini digunakan oleh para penyelam untuk mengetahui lama waktu menyelam dan melihat sisa oksigen yang mereka miliki.

Jenis jam ini memiliki desain khusus agar mampu bertahan di kedalaman sekitar 500 hingga 1000 kaki di bawah permukaan air. Namun, ada juga yang memiliki water resistance lebih kuat yang dapat digunakan di perairan lebih dalam.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis jam tangan berdasarkan tampilannya yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top