Home » Japanese » Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang

selamat+ulang+tahun+bahasa+jepang
Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang – Otanjoubi Omedetou (お誕生日おめでとう) adalah kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Ucapan ini selalu diucapkan oleh orang jepang kepada kepada orang lain seperti teman dekat, keluarga, rekan kerja yang sedang merayakan hari lahirnya.

Kata otanjoubi omedetou itu sendiri berasal dari kata tanjoubi yang artinya hari lahir, sedangkan omedetou memiliki arti selamat (kata ucapan). Sedangkan partikel o yang terletak diawal kata merupakan bentuk kesopanan. Sehingga, kata otanjoubi omedetou secara keseluruhan memiliki arti selamat ulang tahun atau selamat hari lahir.

Dalam penggunaannya, ucapan selamat ulang tahun ini hampir sama di seluruh negara. Misalnya ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea atau bahasa Inggris. Ucapan selamat kepada orang dekat biasanya lebig singkat dari pada orang yang terhormat. Begitu juga di Jepang, di negara sakura ini juga terdapat beberapa versi pengucapan tergantung kepada siapa lawan bicaranya.

Cara Penggunaan Kata Selamat Ulang Tahun di Jepang

Meskipun hanya sebuah kata ucapan, penggunaan kata selamat ulang tahun di Jepang memiliki beberapa versi yang berbeda. Hal tersebut didasari oleh rasa hormat atau kesopanan kepada siapa kita mengucapkannya. Dan berikut merupakan penggunaan beberapa ucapan selamat ulang tahun di Jepang yang benar.

1. Otanjoubi Omedetou (お誕生日おめでとう)

Otanjoubi omedetou adalah kalimat ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jepang yang paling umum digunakan. Namun, kalimat ini lazimnya diucapkan kepada orang lain yang sudah akrab atau lawan bicara yang sudah sering bertemu.

Perlu diperhatikan bahwa otanjoubi omedetou hanya ditujukan kepada orang yang sudah memiliki hubungan dekat saja, seperti teman, keluarga, dan kepada orang lain yang usianya lebih muda dari kita.

Baca Juga :  Ajakan dalam Bahasa Jepang dan Cara Menjawabnya

Ucapan otanjoubi omedetou ini sangat tidak tepat digunakan kepada orang yang baru dikenal atau orang yang belum akrab. Karena ucapan kata ini memiliki konotasi yang kurang sopan jika diucapkan kepada orang yang lebih tua, seperti guru, atasan kerja, orang umum, dan lain sebagainya.

Contoh Penggunaan Ucapan Otanjoubi Omedetou
たくさんの幸せが訪れますように。お誕生日おめでとう!
Takusan no shiawase ga goremasuyouni. Otanjoubi Omedetou!
Selamat ulang tahun. Semoga mendapatkan banyak kebahagiaan.

2. Otanjoubi Omedetou Gozaimasu (お誕生日おめでとうございます)

Ucapan otanjoubi omedetou gozaimasu ini memiliki makna yang paling sopan diantara kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang lainnya. Perhatikan kata gozaimasu pada kalimat tersebut, goziamasu merupakan akhiran yang digunakan sebagai bentuk yang sangat formal atau sopan dalam bahasa Jepang.

Penggunaan Otanjoubi Omedetou Gozaimasu sangat tepat diucapkan sebagai kata ucapan selamat ulang tahun kepada lawan bicara yang baru dikenal atau belum akrab. Atau bisa juga diucapkan kepada siapa saja jika ingin menggunakan bentuk yang formal dan sopan.

Contoh Penggunaan Otanjoubi Omedetou Gozaimasu
ごかつやくをおいのりします。お誕生日おめでとうございます!
Gokatsuyaku o o-inori shimasu. Otanjoubi omedetou gozaimasu !
Saya doakan kesuksesan untuk Anda. Selamat ulang tahun !

3. Happii Baasudee (ハッピーバースデー)

Happii Baasudee merupakan kata selamat ulang tahun yang berasal dari serapan bahasa asing happy birthday. Oleh sebab itu penulisannya menggunakan huruf katakana. Penggunaan ucapan happii baasudee ini biasanya diucapkan kepada orang yang sudah akrab atau kepada orang asing yang tinggal di Jepang.

Contoh Penggunaan Happii Baasudee
素晴らしい1年になりますように。ハッピーバースデー!
Subarashii ichinen ni narimasu you ni. Happii Baasudee !
Aku harap ini akan menjadi tahun yang luar biasa bagimu. Selamat ulang tahun!

4. Ota – Ome / Tanome / Ometan

Ota – ome sebenarnya merupakan kependekan dari ota (njoubi) ome (detou) atau tan (joubi) ome (detou). Namun, sering juga diucapkan dengan Ometan.

Baca Juga :  Ucapan Selamat Malam dalam Bahasa Jepang

Ota – Ome atau Tanome adalah ucapan bahasa gaul untuk mengucapkan selamat ulang tahun yang populer di kalangan anak muda. Sedangkan Ometan merupakan kebalikan dari kata Tanome. Kemungkinan kata Tanome ini adalah ucapaan kebiasaan anak-anak muda yang sering membolik-balikkan kata di zaman modern seperti sekarang ini

Contoh Penggunaan Ometan
かわいいちゃん、おめたん !
Kawaii chan, ometan…!
Gadis cantik, met ultah ya!

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang

1. たくさんの幸せが訪れますように。誕生日おめでとう
Takusan no shiawase ga goremasuyouni. Tanjoubi omedetou
Saya berharap kamu akan mendapatkan banyak kebahagiaan, selamat ulang tahun

2 .あなたの誕生日が幸せな日になりますように
Anata ni tanjoubihi ga shiawasena hi narimasuyouni
Semoga di hari ulang tahunmu menjadi hari yang bahagia

3. あなたの誕生日が素敵な日になりますように
Anata no tanjoubi ni ga sutekina hi ni narimasuyouni
Semoga hari ulang tahunmu akan menjadi indah

4. 楽しい誕生日を過ごしてね
Tanoshi tanjoubi wo sugoshite ne
Semoga kamu akan menghabiskan waktu yang menyenangkan di hari ulang tahunmu

5 .いつも友達でいてくれてありがとう。お誕生日おめでとう
Istumo tomodashi deitekurete arigatou. Otanjoubi omedetou
Terima kasih untuk selalu menjadi temanku, selamat ulang tahun

6. 今年も(name orang yang berulang tahun) にとってらしいでありますに
Kotoshi mo (nama orang yang berulang tahun) ni totte subarashii toshi de arimasuyouni
Semoga tahun ini juga akan menjadi tahun yang luar biasa untuk (nama orang yang berulang tahun)

Demikianlah pembahasan mengenai kata ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang beserta cara penggunaannya dan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *