Home » Japanese » Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang (Ganbatte)

Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang (Ganbatte)

semangat+bahasa+jepang
Semangat Bahasa Jepang

Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang (Ganbatte) – Ucapan semangat merupakan kata yang diucapkan untuk diri sendiri atau kepada orang lain dengan tujuan untuk memberi penyemangat. Dengan diberi semangat, maka orang lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu yang dikerjakan. Lalu, apa ucapan semangat dalam bahasa jepang?

Berbicara mengenai kata ucapan semangat, ada beberapa kosakata yang digunakan untuk menyatakannya. Misalnya kata yang paling umum digunakan untuk memberi semangat kepada orang lain adalah ganbatte ne! (がんばって,ね !) yang artinya semangat, ya! atau kimi nara dekiruyo! (君なら出来るよ!) yang artinya Kamu pasti bisa!

Selain itu, kata semangat juga dapat dipakai untuk menyemangati diri sendiri. Seperti ketika akan melaksanakan ujian, maka orang Jepang biasanya akan bergumam di dalam hati dengan kata shiken o ganbarimasu! (しけんをがんばります!) yang berarti semangat mengerjakan ujian!

Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang beserta Artinya

Penggunaan kata semangat dalam bahasa Jepang memiliki berbagai varian pengucapan. Hal itu tergantung dari situasi dan kepada siapa kata semangat tersebut ditujukan. Nah, berikut merupakan beberapa kata ucapan dalam bahasa jepang yang memiliki arti semangat.

1. Ganbatte Kudasai (がんばってください)
Kata penyemangat dalam bahasa Jepang yang pertama adalah ganbatte kudasai. Kata ini merupakan bentuk formal (sopan) yang digunakan untuk menyemangati orang lain yang lebih senior atau lebih tua dari kita.

Kata ganbatte kudasai berasal dari kata kerja ganbaru (berusaha) yang mengalami perubahan bentuk menjadi kata kerja te+kudasai. Sehingga ganbatte kudasai artinya adalah berusahalah atau bersemangatlah.

2. Ganbatte! (がんばって!)
Ganbatte merupakan kata penyemangat yang lebih sederhana dari ganbatte kudasai. Namun, ungkapan semangat ini biasanya hanya digunakan kepada orang yang setara dengan kita, seperti teman, rekan kerja, dan keluarga. Janganlah mengucapkannya kepada senior atau atasan karena merupakan hal yang kurang sopan.

Baca Juga :  Nama-Nama Warna Dalam Bahasa Jepang

3. Ganbare! (がんばれ!)
Ganbare adalah ucapan semangat yang sering diucapkan pada film anime jepang. Meskipun memiliki kesan yang berkobar-kobar, bentuk ini merupakan bentuk yang paling informal. Oleh sebab itu, penggunakan kata ini biasanya digunakan kepada teman yang sudah sangat akrab.

4 .Ganbarimashou! (がんばりましう!)
Ganbarimashou adalah ungkapan ajakan untuk bersemangat. Kata ini biasanya digunakan ketika menyemangati sebuah tim agar lebih bersemangat lagi dan berusaha bersama-sama. Penggunaan ungkapan penyemangat ini memiliki makna yang lebih sopan. Dan biasanya digunakan ketika saling menyemangati antar teman sekolah, teman kerja, dan juga senior.

5. Ganbarou! (がんばろう!)
Ganbarou adalah ungkapan ajakan semangat bentuk informal dari kata ganbarimashou. Penggunaannya pun sama, yaitu digunakan untuk menyemangati sebuah tim agar lebih bersemangat lagi.Namun, kata ini hanya digunakan untuk orang yang setara dengan kita, seperti teman atau rekan kerja. Janganlah mengucapkannya kepada senior atau atasan kerja.

Jawaban Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang
Jika kita diberi semangat oleh orang lain, tentunya juga akan membalas ucapannya. Nah, kata yang tepat untuk menjawab semangat dalam bahasa jepang adalah Hai, ganbarimasu (はい, がんばります) yang artinya ya, semnagat. Hai, gambarimasu merupakan bentuk sopan untuk menjawab ungkapan semangat. Sementara itu, untuk bentuk informalnya bisa menggunakan un, ganbaru (うん, がんばる) yang memiliki arti sama dengan hai, ganbarimasu, yaitu ya, semangat!

はい, がんばります!
Hai, Ganbarimasu!
Ya, semangat!

Kosakata Bahasa Jepang Semangat Lainnya
Selain beberapa ucapan di atas, ada juga bentuk ungkapan penyemangat lain yang sering digunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :  Ucapan Selamat Pagi Dalam Bahasa Jepang

きみ なら できる よ!
Kimi nara dekiru yo!
Kamu pasti bisa melakukannya!

あきらめないで! / あきらめるな!
Akiramenaide! / Akirameruna!
Jangan menyerah!

おそすぎることはない!
Ososugiru koto wa nai!
Tak ada kata terlambat!

かんがえすぎないで! / かんがえすぎるな!
Kangaesuginaide! / Kangaesugiruna!
Jangan terlalu dipikirkan!

あなた さいこ!/ おまえはさいこだ!
Anata saiko! / Omaewa saikoda!
Kamu yang terbaik!

げんきだして!
Genki dashite!
Keluarkan semangatmu!

Contoh Penggunaan Ucapan Semangat

にほんご の べんきょう を がんばってください
Nihongo no benkyou wo ganbatte kudasai.
Ayo semangatlah belajar bahasa Jepang.

ゆうしょう めざして がんばって!
Yuushou mezashite ganbatte!
Semangat untuk meraih kemenangan!

あせらずに がんばって ね!
Aserazuni ganbatte ne!
Tetap tenang dan semangat!

おしごと がんばれ!
Oshigoto ganbare!
Semangat bekerja!

いちにち がんばりましょう!
Ichi nichi ganbarimashou!
Ayo bersemangat untuk hari ini!

りそう に むかって がんばりましょう!
Risou ni mukatte ganbarimashou!
Ayo semangat demi mencapai cita-cita!

おたがい がんばろう!
Otagai ganbarou!
Semangat untuk kita berdua!

いっしょ に がんばろう!
Issho ni ganbarou!
Ayo kita semangat bersama-sama!

あきらめないで, げんきだして!
Akiramenaide, genki dashite?
Jangan menyerah, ayo tunjukan semangatmu!

どうか そんな に かなしまず, あなた さいこ!
Douka sonna ni kanashimazu, Anata saiko!
Janganlah bersedih, kamu adalah yang terbaik!

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa varian kata ucapan semangat dalam bahasa jepang dan cara menjawabnya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top