Home » Ilmu Pengetahuan » Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya

bagian+bagian+mikroskop
Bagian-Bagian Mikroskop

Bagian-Bagian Mikroskop – Mikroskop adalah alat pembesar yang digunakan untuk melihat objek yang sangat kecil. Untuk memperbesar tampilan obyek, mikroskop memiliki bagian-bagian penting di dalamnya. Berikut akan akan dibahas tentang apa saja bagian-bagian pada mikroskop dan fungsinya.

Pada dasanya, mikroskop memiliki dua bagian utama, yaitu komponen optik dan mekanik. Bagian optik terdiri dari lensa yang berfungsi untuk memperbesar tampilan obyek yang diteliti. Sedangkan komponen mekanik merupakan kelengkapan yang digunakan untuk membantu pengamatan agar terlihat lebih jelas.

Nah, untuk mengetahui apa saja bagian-bagain yang ada pada mikroskop, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya

1. Lensa Okuler

Merupakan lensa yang terletak di bagian atas mikroskop yang melakukan kontak langsung dengan mata. Fungsi lensa okuler ini yaitu untuk memperbesar bayangan objek yang berasal dari lensa objektif. Pada mikroskop monokuler, hanya terdapat satu buah lensa, sehingga hanya bisa dilihat dengan sebelah mata. Sedangkan pada microskop binokuler berjumlah dua buah yang memudahkan pengamatan menggunakan kedua mata.

2. Lensa Objektif

Merupakan lensa yang terletak dekat dengan objek yang diamati. Fungsi lensa objektif ini untuk membentuk bayangan nyata dari objek yang dilihat. Jumlah lensa objektif ini berbeda-beda pada setiap microskop. Ada yang tiga atau empat buah tergantung dari jenis mikroskop.

Baca Juga :  Persegi: Ciri-Ciri, Rumus, Dan Contoh Soal

3. Revolver

Merupakan tuas yang digunakan untuk mengatur besar kecil bayangan objek pada lensa objektif hingga mampu memperbesar 100 kali dari objek aslinya. Revolver ini juga merupakan penyangga dan tempat dudukan dari lensa objektif.

4. Diafragma

Merupakan bagian yang terletak di bawah meja preparat. Fungsi diafragma ini yaitu sebagai pengatur banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk ke lensa objektif untuk menfokuskan objek yang diamati.

5. Cermin

Merupakan bagian mikroskop yang berfungsi untuk menyalurkan cahaya yang telah masuk lewat diafragma. Pada umumnya ada dua jenis lensa pada mikroskop, yaitu cermin cekung dan cermin datar.

6. Tabung

Merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara lensa objektif dan lensa okuler. Dengan adanya tabung microskop ini, maka objek akan terlihat lebih jelas.

7. Meja Preparat

Merupakan bidang datar pada mikroskop yang digunakan untuk meletakan objek yang diamati. Pada meja ini terdapat penjepit objek yang berfungsi untuk mengunci objek agar tidak bergeser selama diamati.

8. Lengan Microskop

Merupakan bagian yang berfungsi sebagai rangka (frame) utama dari microskop itu sendiri. Selain itu, lengan tersebut juga digunakan sebagai pegangan ketika membawa atau memindahkan mikroskop dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

9. Makrometer Dan Mikrometer

Makrometer dan micrometer merupakan tuas yang ada pada microscop yang berfungsi untuk mengatur lensa agar fokus pada objek yang diamati. Tuas ini memiliki fitur vertikal atau pun horizontal. Mikrometer merupakan tuas pemutar halus, fungsinya untuk manaikan dan menurunkan tabung microskop secara lambat. Sedangkan makrometer bersifat membesarkan yang bertugas menggerakan tabung microskop dengan cepat. Bentuk mikrometer lebih kecil dibanding makrometer.

11. Kondensor

Merupakan bagian pada mikroskop yang sering disebut sebagai penampung cahaya. Fungsi kondensor ini yaitu mengumpulkan cahaya yang masuk pada lensa objektif.

12. Tuas Pengatur Kecerahan

Merupakan bagian yang masih erat hubungannya dengan diafragma. Fungsi tuas pengatur kecerahan ini yaitu untuk mengatur kecerahan dan menfokuskan cahaya pada objek yang diamati. Tuas ini merupakan potensioner yang dihubungkan ke bola lampu pada microskop.

13. Kaki Penyangga

Kaki penyangga merupakan bagian tambahan pada microskop yang biasanya hanya dimiliki oleh microskop baru. Fungsi dari kaki penyangga ini adalah sebagai penopang microskop agar tidak jatuh ketika berada pada permukaan yang tidak rata. Kaki penyangga ini dapat diatur dengan cara memutar hingga posisi mikroskop rata dan seimbang.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian mikroskop dan fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top