Home » Seni Rupa » Macam-Macam Garis Lengkung beserta Gambarnya

Macam-Macam Garis Lengkung beserta Gambarnya

jenis+jenis+garis+lengkung
Jenis-Jenis Garis Lengkung

Macam-Macam Garis Lengkung dan Gambarnya – Garis memiliki beberapa macam jenis, salah satunya adalah garis lengkung. Garis ini memiliki pola melengkung. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis pola pada garis lengkung.

Garis itu sendiri merupakan deretan titik-titik yang sama besar dan sejajar. Garis yang paling sering digunakan dalam suatu desain adalah garis lurus dan garis lengkung. Perbedaan kedua jenis garis tersebut terletak pada arah kemana garis tersebut diteruskan.

Garis lurus memiliki arah lurus tanpa berbelok, contohnya adalah garis vertikal, garis horizontal, dan garis diagonal. Sedangkan garis lengkung adalah jenis garis yang memiliki arah membelok dengan bentuk pola melengkung. Berikut merupakan jenis-jenis garis lengkung beserta gambarnya.

Macam-Macam Garis Lengkung dan Gambarnya

Garis lengkung terbagi menjadi tiga jenis, yaitu garis lengkung busur, garis lengkung mengapung, dan garis lengkung kubah.

1. Garis Lengkung Busur

garis+lengkung+busur
Garis Lengkung Busur

Garis lengkung busur merupakan jenis garis lengkung yang panjang busurnya kurang dari setengah lingkaran.

2. Garis Lengkung Kubah

garis+lengkung+kubah
Garis Lengkung Kubah

Garis lengkung kubah merupakan jenis garis lengkung yang panjang busurnya kurang setengah lingkaran. Bentuknya bisa lebih menonjol atau memipih.

3. Garis Lengkung Mengapung

garis+lengkung+mengapung
Garis Lengkung Mengapung

Garis lengkung mengapung merupakan jenis garis lengkung yang panjang busurnya lebih dari setengah lingkaran, tetapi tidak penuh membentuk lingkaran penuh.

Makna Garis Lengkung

Makna dari garis lengkung memberikan kualitas mengapung seperti pelampung, menggambarkan gumpalan asap, buih sabun, balon, dan semacamnya. Serta memberi kesan gaya mengapung, ringan dan dinamis.

Baca Juga :  Cara Menggambar Bunga Untuk Anak SD

Garis ini memberi sebuah karakter yang ringan, dinamis, kuat, dan melambangkan kemegahan, kekuatan, dan kedinamisan. Susunan dari garis lengkung akan menghasilkan kesan ringan, dinamis, dan kuat.

Garis lengkung juga merupakan simbol dinamis atau bergerak. Kesan elastis akan tampak pada garis lengkung jika dibandingkan dengan garis lurus yang tampak statis. Sehingga ada yang menyatakan garis lengkung lebih mengesankan sesuatu yang berirama, luwes, gemulai, dan halus.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam garis lengkung dan beserta gambar dan maknanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *