Home » Seni Rupa » Tehnik Dan Motif Gambar Ragam Hias

Tehnik Dan Motif Gambar Ragam Hias

tehnik+dan+motif+gambar+ragam+hias
Gambar Ragam Hias

Tehnik Dan Motif Gambar Ragam Hias – Ragam hias adalah sebuah karya seni rupa yang bertujuan untuk memperindah bentuk gambar. Dalam menggambar ragam hias, terdapat beberapa tehnik dan motif yang digunakan. Berikut akan dibahas macam-macam tehnik dan motif pada gambar ragam hias.

Sebelum membahas tentang tehnik dan jenis-jenis motif pada gambar ragam hias, kita perlu mengetahui aturan-aturan berlaku dalam menggambar ragam hias, diantaranya yaitu:

  • Menentukan jenis pola gambar ragam hias
  • Menyiapkan peratan dan media yang akan digunakan untuk menggambar ragam hias
  • Menentukan ukuran pola agar seimbang dengan bentuk gambar
  • Membuat sketsa pola gambar pada media yang diinginkan
  • Membuat pengulangan pola gambar di bidang lainnya secara seimbang
  • Mewarnai pola gambar dengan memilih warna yang cocok (sinkron)

Tehnik Gambar Ragam Hias

Untuk menggambar raga hias, seorang pelukis harus mampu menguasai beberapa tehnik yang dapat dilakukan dengan cara pengulangan atau penyuluran pola secara seimbang. Diantara tehnik-tehnik tersebut antara lain:

1. Tehnik Stilasi

Tehnik stilasi adalah tehnik mengubah bentuk asli dengan melihat dari berbagai sudut pandang melalui pengayaan, sehingga menghasilkan bentuk baru yang bersifat dekoratif tanpa mengabaikan bentuk aslinya.

Selain pada ragam hias, tehnik ini juga dapat diterapkan pada gambar hias geometris yang bersifat natural, seperti bentuk segitiga, segi empat, dan lingkaran. Atau beragam bentuk gambar-gambar alam, seperti bagian tumbuhan, buah-buahan, hewan, dan manusia.

Baca Juga :  Macam - Macam Jenis Warna Dan Artinya

2. Tehnik Deformasi

Tehnik deformasi adalah tehnik mengubah bentuk asli menjadi bentuk baru dengan melihat dari berbagai arah sudut pandang hingga menjadi struktur yang lebih sederhana dan memiliki proporsi yang berbeda dari bentuk aslinya.

3. Tehnik Distorsi

Tehnik distorsi adalah tehnik mengubah bentuk asli menjadi bentuk baru dengan proporsi yang sangat signifikan dari bentuk aslinya. Untuk melakukan tehnik distorsi, dapat dilakukan dengan melihat gambar asli dari berbagai arah dengan menambahkan atau melebih-lebihkan sehingga terjadi perubahan dan menjadi bentuk baru.

Setelah memahami tehnik dasar dan aturan-aturan menggambar ragam hias, dalam menggambar pola gambar ragam hias juga memiliki tehnik sendiri-sendiri. Seperti yang akan dibahas berikut ini mengenai tehnik menggambar ragam hias.

Jenis-Jenis Motif Ragam Hias

1. Motif Flora (Vegetal)

Motif flora adalah menggambar bentuk ragam hias dengan mengambil obyek-obyek tumbuhan. Diantara motif-motif yang mengambil dari bentuk tumbuhan seperti motif daun, ranting, akar, dan bunga. Motif flora sering digunakan pada kain tenun, batik, dan ukiran.

2. Motif Fauna (Nimal)

Motif fauna merupakan menggambar bentuk ragam hias dengan mengambil obyek-obyek dari jenis-jenis hewan, seperti motif ikan, burung, kupu-kupu, ayam, dan lain-lain. Motif fauna sering dikolaborasikan dengan motif flora, sehingga menghasilkan gambar ragam hias yang indah.

3. Motif Geometris

Motif geometris adalah menggambar ragam hias dengan menerapkan bentuk-bentuk geometris, seperti segitiga, persegi, oval dan lingkaran. Namun, ada juga yang bermotif garis, lengkungan, zig-zag, dan spiral yang dibentuk secara seimbang. Berikut merupakan beberapa contoh bentuk-bentuk motif geometris:

  • Swastika, motif geometris berupa huruf Z yang berlawanan arah
  • Pilin, motif geometris berupa huruf S
  • Meander, motif geometris yang menyerupai huruf T
  • Kawung, motif geometris berbentuk buah aren yang dibelah melintang
  • Timpal, motif geometris dengan bentuk segitiga sama kaki
  • Ceplokan, motif geometris yang disusun secara berulang-ulang
Baca Juga :  Cara Menggambar Matahari Untuk Anak SD

4. Motif Figuratif (Manusia)

Motif figuratif adalah menggambar ragam hias yang menerapkan bentuk manusia. Biasanya motif ini yang dibuat dengan pola dan gaya khusus, seperti sedang menari atau berdoa. Tehnik figuratif banyak dipakai pada gambar pahatan dan ukiran.

Demikianlah pembahasan mengenai tehnik dan motif gambar ragam hias. Semoga bermanfaat.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *