Home » Matematika » Cara Membaca Titik Koordinat Pada Bidang Kartesius

Cara Membaca Titik Koordinat Pada Bidang Kartesius

bidang+koordinat+kartesius
Bidang Koordinat Kartesius

Cara Membaca Titik Koordinat Pada Bidang Kartesius – Dalam pelajaran matematika terdapat materi tentang koordinat kartesius. Bidang kartesius adalah suatu bidang datar yang terdiri dari dua sumbu koordinat yang saling tegak lurus, yaitu sumbu tegak dan sumbu mendatar. Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membaca posisi/letak titik koordinat pada bidang kartesius.

Sumbu mendatar pada bidang kartesius dinamakan sumbu x dan sumbu tegak dinamakan sumbu y. Sumbu x dan sumbu y berpotongan tegak lurus di titik O atau pangkal koordinat. Cara membaca titik koordinat pada bidang kartesius dimulai dari sumbu x, kemudian sumbu y.

Posisi titik koordinat pada bidang kartesius dinyatakan dalam (x,y). Bilangan x dinamakan absis, yang digunakan untuk menyatakan posisi titik koordinat yang searah sumbu x. Sedangkan bilangan y dinamakan ordinat, yang digunakan untuk menyatakan posisi titik koordinat searah dengan sumbu y.

Cara Membaca Titik Koordinat Pada Bidang Kartesius

Sebelum membaca sebuah titik koordinat pada bidang kartesius, kita harus mengetahui kuadran koordinat kartesius. Bidang kartesius terbagi menjadi 4 kuadran, berikut penjelasannya:

  • Kuadran I adalah area di atas sumbu x dan di kanan sumbu y. Area ini merupakan letak bilangan-bilangan bulat positif. Dimana bilangan x adalah bilangan positif dan bilangan y juga merupakan bilangan positif (x,y)
  • Kuadran II adalah area di atas sumbu x dan di kiri sumbu y. Area ini merupakan letak bilangan-bilangan bulat negatif dan positif. Dimana bilangan x adalah bilangan negatif dan bilangan y adalah bilangan positif (-x,y)
  • Kuadran III adalah area di bawah sumbu x dan di kiri sumbu y. Area ini merupakan letak bilangan-bilangan bulat negatif dan negatif. Dimana bilangan x adalah bilangan negatif dan bilangan y juga merupakan bilangan negatif (-x,-y)
  • Kuadran IV adalah area di bawah sumbu x dan di kanan sumbu y. Area ini merupakan letak bilangan-bilangan bulat posisit dan negatif. Dimana bilangan x adalah bilangan positif dan bilangan y adalah bilangan negatif (x,-y)
Baca Juga :  Rumus Balok: Menghitung Volume dan Luas Permukaan Balok

Setelah mengetahui posisi kuadran pada bidang kartesius, perhatikan contoh berikut ini mengenai langkah-langkah membaca titik koordinat pada bidang kartesius.

cara+membaca+titik+koordinat+kartesius
Cara Membaca Titik Koordinat Kartesius

Perhatikan titik koordinat A, B, C, dan D di atas. Cara membaca atau menentukan koordinat titik pada bidang kartesius di atas adalah sebagai berikut:

  • Mulailah membaca dari pangkal koordinat (titik O)
  • Tentukan jumlah langkah atau satuan pada sumbu x ke arah kanan atau ke kiri dari sumbu y. Jika arahnya ke kanan berarti nilainya positif, jika arahnya ke kiri berarti nilainya negatif.
  • Tentukan jumlah langkah atau satuan pada sumbu y ke atas atau ke bawah dari sumbu x. Jika arahnya ke atas berarti nilainya positif, jika arahnya ke bawah berarti nilainya negatif.

Menentukan koordinat titik A
Arah dari titik O (0,0): 4 langkah ke kanan dilanjutkan 2 langkah ke atas.
Jadi, koordinat titik A (4,2).

Menentukan koordinat titik B
Arah dari titik O (0,0): 4 langkah ke kiri dilanjutkan 3 langkah ke atas.
Jadi, koordinat titik B (-4,3).

Menentukan koordinat titik C
Arah dari titik O (0,0): 3 langkah ke kiri dilanjutkan 3 langkah ke bawah.
Jadi, koordinat titik C (-3,-3).

Menentukan koordinat titik D
Arah dari titik O (0,0): 2 langkah ke kanan dilanjutkan 2 langkah ke bawah.
Jadi, koordinat titik D (2,-2).

Demikianlah pembahasan mengenai cara membaca titik koordinat pada bidang kartesius. Semoga bermanfaat.