Home » Seni Rupa » Macam-Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

Macam-Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

bentuk+dalam+seni+rupa
Bentuk Dalam Seni Rupa

Macam-Macam Bentuk Dalam Seni Rupa – Bentuk merupakan salah satu unsur seni rupa yang dihasilkan oleh perpaduan dari bidang. Melaui bentuk, sebuah karya seni rupa dapat dinikmati secara nyata.

Bentuk adalah unsur seni rupa yang ditangkap secara visual. Karena bentuk tersusun oleh unsur fisik. Secara garis besar, bentuk dibedakan menjadi tiga macam, yaitu bentuk figuratif, bentuk astrak, dan bentuk abstraktif.

Bentuk juga dapat dikelompokkan menjadi bentuk geometris dan non geometris. Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki pengukuran, seperti kubistis, silindris, dan bola. Sedangkan bentuk non geometris merupakan bentuk yang dihasilkan dari bentuk-bentuk yang ada di alam.

Macam-Macam Bentuk Dalam Seni Rupa

Bentuk Figuratif

Bentuk figuratif adalah bentuk yang meniru wujud dari alam. Terwujudnya bentuk figuratif tergantung dari cara pandang seseorang. Setiap cara pandang memiliki konsep yang berbeda dalam menangkap bentuk alam. Contoh bentuk figuratif yaitu bentuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

Baca Juga :  Lingkaran Warna Primer, Sekunder, Dan Tersier

Bentuk Abstrak

Bentuk abstrak adalah bentuk yang telah menyimpang dari wujud aslinya, atau telah mengalami proses eksplorasi lebih lanjut dari bentuk yang dilihat. Bentuk abstrak memerlukan imaji yang tinggi untuk menikmatinya.

Bentuk Abstraktif

Bentuk abstraktif adalah bentuk figuratif yang telah diubah dari bentuk aslinya. Dengan kata lain, bentuk abstaktif merupakan bentuk yang sudah digayakan. Contoh bentuk abstraktif seperti batik, topeng, wayang kulit, dan dekorasi.

Bentuk Kubistis

Bentuk kubistis merupakan bentuk benda yang menyerupai kubus atau balok. Contoh benda-benda yang memiliki bentuk kubistis antara lain meja, televisi, lemari, kulkas, dan mesin cuci.

Bentuk Piramid

Bentuk piramid adalah bentuk benda yang menyerupai limas, yaitu memiliki ujung lancip dan bidang sisinya datar. Contoh benda berbentuk piramid adalah atap rumah dan piramida.

Bentuk Kerucut

Bentuk kerucut adalah bentuk benda dengan atas lancip dan bidangnya berbentuk lengkungan. Contoh benda berbentuk kerucut adalah topi hias, terompet tahun baru, dan nasi tumpeng.

Baca Juga :  Cara Menggambar Bintang Segi 5, 6, dan 8

Bentuk Silindris

Bentuk silindris adalah bentuk benda yang bulat memanjang menyerupai tabung atau silinder. Contoh benda bentuk silindris antara lain gelas, ember, kaleng, botol, toples, dan drum.

Bentuk Bola

Bentuk bola adalah bentuk benda bundar yang menyerupai bola. Contoh benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain bola, globe, buah-buahan bundar (semangka, jeruk, melon).

Bentuk Bebas

Bentuk bebas adalah bentuk benda yang memiliki dimensi tidak beraturan atau lepas dari bentuk geometris. Contoh benda tidak beraturan adalah bunga, hewan, buah-buahan, dan busana.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam bentuk dalam seni rupa. Silahkan share jika bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top