Home » Seni Rupa » Garis Nyata Dan Garis Semu

Garis Nyata Dan Garis Semu

garis+nyata+dan+garis+semu
Garis Nyata Dan Garis Semu

Garis Nyata Dan Garis Semu – Dalam seni rupa, terdapat unsur yang dinamakan garis. Garis adalah pembentuk bidang berupa kumpulan titik yang letaknya sejajar yang memiliki dimensi panjang serta arah tertentu. Garis dapat menghasilkan berbagai bentuk, seperti panjang, pendek, halus, tebal, tipis, lurus, lengkung, zig-zag, dan lain sebagainya.

Garis dapat didefinisikan sebagai sisi atau batas dari suatu benda, warna, bidang, maupun ruang. Garis juga dapat muncul karena adanya perbedaan tekstur, misalnya tekstur yang padat berdampingan dengan tekstur yang jarang, sehingga menghasilkan goresan yang berbeda-beda.

Menurut arahnya, garis dibedakan menjadi tiga macam, yaitu garis vertikal, garis horizontal dan garis diagonal. Sedangkan menurut wujudnya, garis terbagi menjadi dua jenis, yaitu garis nyata dan garis semu.

Garis Nyata dan Garis Semu

1. Garis Nyata

Garis nyata adalah suatu garis yang dihasilkan melalui goresan tangan manusia secara langsung, dapat berwujud tetapi tidak berbentuk. Garis ini dapat muncul pada bidang gambar dan terlihat jelas oleh mata.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Garis Dalam Desain Grafis

Berdasarkan penggunaan alat bantu yang digunakan, garis nyata dibedakan menjadi :

Garis Geometrik

Garis geometrik adalah garis yang dibuat dari goresan tangan manusia dengan menggunakan alat bantu, seperti penggaris, jangka, atau sejenisnya yang menggambarkan sifat tepat dan jelas.

Garis Kalianimasi

Garis kalianimasi adalah garis yang dibuat goresan tangan manusia tanpa menggunakan alat bantu yang sifatnya spontan, bebas, berkombinasi, dan berkarakter mandiri.

2. Garis Semu

Garis semu adalah garis yang muncul karena adanya kesan batas (kontur) dari suatu bidang, warna atau ruang. Munculnya garis semu merupakan hasil dari perpaduan warna yang berbeda, pengulangan bentuk yang berdekatan, atau adanya bayangan dari sebuah cahaya yang tidak secara langsung digaris pada bidang. Sehingga, sifat garis semu adalah samar dan tidak begitu jelas terlihat oleh mata.

Baca Juga :  Alat Dan Media Untuk Menggambar

Berdasarkan kesan yang dihasilkan, garis semu dibedakan menjadi dua, yaitu :

Garis Struktural

Garis struktural adalah kesan yang dihasilkan oleh garis semu dari batasan antara bentuk dengan ruang, antara bidang dengan bidang lain, atau pembatas antar warna.

Garis Pengikat

Garis pengikat merupakan kesan yang dihasilkan oleh garis antar alur perpindahan suatu masa dari unsur ke unsur lain. Garis ini bisa ditangkap melalui imajinasi yang terjadi adanya gerakan atau pengulangan gerak yang dilakukan secara cepat.

Nah, itulah penjelasan mengenai garis nyata dan garis semu dalam bidang seni rupa. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top