Home » Matematika » Sifat-Sifat Balok Beserta Rumusnya

Sifat-Sifat Balok Beserta Rumusnya

sifat+sifat+balok
Sifat-Sifat Balok

Sifat-Sifat Balok Beserta Rumusnya – Perlu dikatehui bahwa balok berbeda dengan kubus. Oleh sebab itu, sifat-sifat dan rumusnya juga berbeda. Berikut akan dibahas tentang apa saja sifat-sifat balok beserta rumusnya.

Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang sisi yang berbentuk persegi atau persegi panjang, dengan setidaknya memiliki satu pasang dengan ukuran berbeda.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai benda yang menyerupai bentuk balok. Diantaranya yaitu lemari es, kotak pensil, handphone, televisi dan lain-lain.

Balok memiliki sifat-sifat yang hampir sama dengan kubus, yakni memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Namun, sisi balok tidak semuanya berbentuk persegi. Agar dapat membedakan antara kubus dan balok, silahkan simak sifat-sifat balok berikut ini.

Sifat-Sifat Balok

Silahkan perhatikan gambar balok ABCD.EFGH di bawah ini!

sifat+sifat+balok
Sifat-Sifat Balok

Dari gambar tersebut, dapat diketahui bahwa sifat-sifat balok adalah sebagai berikut:

1. Balok Memiliki 6 Sisi

Sisi balok adalah bidang yang membatasi ruangan di dalam balok dengan ruangan sekelilingnya. Balok mempunyai 6 buah bidang sisi yang dapat berbentuk persegi dan persegi panjang.

Sisi balok minimal harus memiliki sepasang sisi yang luasnya berbeda. Jika seluruh sisi balok berbentuk persegi, maka balok tersebut dapat dikatakan sebagai kubus.

Jika melihat gambar balok di atas, maka sisi-sisi balok ditunjukan oleh sisi ABCD, EFGH, ABFE, DCGH, BCGF, dan ADHE.

2. Balok Memiliki 12 Rusuk

Rusuk balok merupakan pertemuan antara dua sisi balok yang membentuk garis lurus. Balok mempunyai 12 rusuk, yang terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi.

Baca Juga :  Kubus: Pengertian, Unsur, Sifat, Jaring Dan Rumus Kubus

Rusuk-rusuk balok tersebu yaitu rusuk panjang = AB, DC, EF, dan HG, rusuk lebar = AD, BC, FG, dan EH, serta rusuk tinggi = AE, BF, CG, dan DH. Rusuk-rusuk balok yang berhadapan sama panjang dan sejajar.

3. Balok memiliki 8 Titik Sudut

Titik sudut balok merupakan titik pertemuan antara tiga rusuk-rusuk balok. Balok memiliki titik sudut sebanyak 8 buah. Titik sudut balok pada gambar di atas ditunjukan oleh titik A, B, C, D, E, F, G dan H.

4. Sisi Yang Berhadapan Sama Besar

Balok memiliki 3 pasang sisi yang saling berhadapan. Sisi-sisi yang saling berhadapan tersebut memiliki besar yang sama. Sisi-sisi balok yang berhadapann adlaah sisi ABCD dengan EFGH, sisi ABFE dengan DCGH, serat sisi BCGF dengan ADHE.

5. Balok Memiliki 12 Diagonal Bidang

Diagonal bidang adalah diagonal yang terletak pada sisi balok. Balok memiliki 6 sisi, setiap bidang sisinya memiliki dua diagonal. Jika dihitung, balok mempunyai diagonal bidang sebanyak 12 buah.

Dari gambar balok di atas, diketahui bahwa panjang diagonal bidang balok pada sisi yang berhadapan sama panjang. Yakni diagonal-diagonal bidang yang berada pada sisi ABCD dengan EFGH, ABFE dengan DCGH, serat BCFG dengan ADHE.

6. Balok Memiliki 4 Diagonal Ruang Balok

Diagonal ruang adalah pertemuan antara titik sudut balok yang saling berhadapan di dalam ruangan balok. Balok mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah.

Baca Juga :  Cara Mencari Sisi Persegi Jika Diketahui Luas Dan Kelilingnya

Diagonal ruang balok semuanya memiliki ukuran sama panjang. Diagonal ruang pada balok pada gambar di atas ditunjukan oleh garis AG, EC, DF, dan HB.

7. Balok Memiliki 6 Bidang Diagonal

Bidang diagonal adalah daerah yang dibentuk oleh dua diagonal bidang dan dua rusuk yang saling sejajar. Balok mempunyai 6 buah bidang diagonal.

Seluruh bidang diagonal balok berbentuk persegi panjang. Perhatikan gambar balok di atas, bidang diagonal balok BCEH memiliki bentuk persegi panjang. Begitu juga dengan bentuk bidang diagonal lainnya.

Rumus Volume Balok

Volume balok adalah seberapa besar ruangan di dalam balok yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Rumus untuk menghitung volume balok adalah sebagai berikut:

V = p x l x t

Keterangan:
V = volume balok
p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok

Rumus Luas Permukaan Balok

Luas permukaan balok adalah luas bidang yang membatasi bagian dalam balok dengan ruangan di sekitarnya. Rumus untuk menghitung luas permukaan balok adalah:

L = 2 [(p x l) + (p x t) + (l x t)]

Keterangan:
L = luas permukaan balok
p = panjang balok
l = lebar balok
t = tinggi balok

Demikianlah pembahasan mengenai sifat-sifat balok beserta rumusnya. Silahkan share jika bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top