Home » Matematika » Bagian – Bagian Prisma Segitiga Dan Penjelasannya

Bagian – Bagian Prisma Segitiga Dan Penjelasannya

bagian+bagian+prisma+segitiga

Bagian – Bagian Prisma Segitiga – Salah satu diantara jenis prisma yaitu prisma segitiga. Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh dua bidang datar yang sejajar berbentuk segitiga. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa saja bagian-bagian atau unsur pembentuk prisma segitiga.

Bagian – Bagian Prisma Segitiga

Secara umum, sebuah prisma terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut:

  • Rusuk = (3n) buah
  • Bidang sisi = (n + 2) buah
  • Titik sudut = (2n) buah
  • Diagonal sisi = n(n – 1) buah
  • Diagonal ruang = n(n – 3) buah
  • Bidang diagonal = ½ n(n – 1) jika n genap dan ½ n(n – 3) jika n ganjil

Prisma merupakan bangun tiga dimensi yang mempunyai volume atau isi. Volume prisma merupakan daerah yang dibatasi oleh bagian-bagiannya. Adapun penjelasan mengenai bagian-bagiannya, yaitu sebagai berikut :

1. Rusuk

Bagian yang pertama adalah rusuk. Rusuk prisma segitiga berjumlah 9 buah. Rusuk prisma segitiga dapat dihitung dengan rumus di atas, yaitu 3n, dimana n adalah nama jenis prisma. Sehingga, 3 × 3 = 9 buah.

Baca Juga :  Cara Menghitung Keliling Prisma dan Contoh Soal

2. Bidang Sisi

Bidang sisi adalah bagian yang membatasi bangun ruang dengan ruangan sekitarnya. Prisma segitiga mempunyai 5 buah bidang sisi. Untuk menentukan jumlah sisi prisma diperoleh dengan rumus n + 2 = 3 + 2 = 5 buah.

3. Titik Sudut

Titik sudut merupakan titik hasil pertemuan antar rusuk yang berjumlah tiga buah atau lebih. Prisma segitiga mempunyai 6 buah titik sudut. Untuk menghitung jumlah titik sudut prisma segitiga yaitu 2n = 2 × 3 = 6 buah.

4. Diagonal Sisi

Diagonal sisi adalah garis diagonal yang terletak pada bidang sisi prisma. Prisma segitiga mempunyai 6 buah diagonal sisi yang terletak pada sisi tegaknya. Untuk menentukan jumlah diagonal sisi prisma segitiga yaitu dengan rumus n(n – 1) = 3(3 – 1) = 3 × 2 = 6 buah.

Baca Juga :  Contoh Soal Tentang Sudut Dan Jawabannya

5. Diagonal Ruang

Prisma segitiga tidak memiliki diagonal ruang. Namun, pada jenis prisma yang lainnya terdapat diagonal ruang. Misalnya pada prisma segiempat yang mempunyai diagonal ruang sebanyak 4 buah yang diperoleh dengan menggunakan rumus n(n – 3) = 4(4 – 3) = 4 × 1 = 4 buah.

6. Bidang Diagonal

Prisma segitiga juga tidak memiliki bidang diagonal. Namun, untuk jenis prisma lainnya terdapat bidang diagonal. Misalnya pada prisma segiempat yang mempunyai bidang diagonal sebanyak 6 buah yang diperoleh dengan rumus ½n(n – 1) = ½ × 4(4 – 1) = 2 × 3 = 6 buah.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian prisma segitiga beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top