Home » Matematika » Rumus Volume Dan Luas Permukaan Prisma Segitiga

Rumus Volume Dan Luas Permukaan Prisma Segitiga

rumus+volume+dan+luas+permukaan+prisma+segitiga
Prisma Segitiga

Rumus Volume Dan Luas Permukaan Prisma Segitiga – Prisma merupakan salah satu jenis bangun ruang. Salah satu jenis prisma yaitu prisma segitiga. Pada kesempatan kali ini akan dipelajari tentang bagaimana cara menghitung volume dan luas permukaan prisma segitiga beserta contoh soalnya.

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi atas berbentuk segi-n kongruen, serta sisi tegak berbentuk segi empat. Prisma dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk alasnya, diantaranya yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, prisma segi enam, dan seterusnya.

Volume prisma adalah seberapa besar ruangan di dalam prisma. Sedangkan luas permukaan prisma merupakan jumlah luas seluruh sisi prisma. Untuk mengetahui volume dan luas permukaan sebuah prisma, kita membutuhkan rumus prisma.

Rumus Volume Dan Luas Permukaan Prisma Segitiga

A. Volume Prisma Segitiga

Baca Juga :  Cara Menghitung Pembagian Pecahan Dengan Desimal

Prisma segitiga adalah prisma dengan sisi alas dan sisi atas berbentuk segitiga, serta tiga buah sisi tegak berbentuk segi empat. Rumus untuk menghitung volume prisma segitiga adalah:

V = (1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga) x Tinggi Prisma

Contoh Soal
Sebuah prisma segitiga memiliki bentuk alas segitiga siku-siku dengan ukuran panjang sisi siku-sikunya yaitu 3 cm dan 4 cm. Jika tinggi prisma 10 cm, berapakah volume prisma segitiga?

Penyelesaian:
V = (1/2 x Alas Segitiga x Tinggi Segitiga) x Tinggi Prisma
V = (1/2 x 3 x 4) x 10
V = 12 x 10
V = 120 cm³
Jadi, volume prisma segitiga adalah 120 cm³.

B. Luas Permukaan Prisma Segitiga

Sebuah prisma segitiga dibentuk oleh 2 buah segitiga dan 3 buah segiempat. Untuk menghitung luas permukaan prisma segitiga yaitu dengan menjumlahkan luas 2 segitiga dan luas 3 buah segi empat. Adapun rumus luas permukaan prisma segitiga adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Nama-Nama Bangun Datar: Gambar dan Rumusnya
L = 2 x Luas Segitiga + Keliling Alas x Tinggi Prisma

Contoh Soal
Sebuah prisma segitiga siku-siku dengan ukuran panjang sisi siku-sikunya yaitu 3 cm dan 4 cm. Jika tinggi prisma 10 cm, berapakah luas permukaan prisma segitiga?

Penyelesaian:
1. Menghitung luas segitiga:
Luas segitiga = 1/2 x a x t
Luas segitiga = 1/2 x 3 x 4
Luas segitiga = 6 cm².

2. Karena salah satu sisi segitiga belum diketahui, maka kita cari terlebih dahulu. Untuk mencari sisi miring segitiga siku-siku yaitu dengan rumus pythagoras.
c = √a² + b²
c = √3² + 4²
c = √9 + 16
c = √25
c = 5 cm

3. Menghitung keliling segitiga:
K = s + s + s
K = 3 + 4 + 5
K =12 cm

4. Menghitung luas permukaan prisma segitiga:
L = 2 x Luas Segitiga + Keliling Alas x Tinggi Prisma
L = 2 x 6 + 12 x 10
L = 12 + 120
L = 132 cm²
Jadi, luas permukaan prisma segitiga adalah 132 cm².

Demikianlah pembahasan mengenai rumus volume dan luas permukaan prisma segitiga beserta contoh soalnya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top