Home » Matematika » Rumus Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal

Rumus Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal

rumus+keliling+layang+layang
Keliling Layang-Layang

Rumus Keliling Layang-Layang Dan Contoh Soal – Layang-layang merupakan bangun datar yang memiliki empat buah, yang terdiri dari dua pasang sisi sama panjang. Perhitungan dasar layang-layang adalah menghitung luas dan keliling. Setelah sebelumnya telah dibahas rumus luas layang-layang, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rumus keliling layang-layang dan contoh soal pembahasannya.

Keliling layang-layang adalah jumlah seluruh ukuran sisi pada layang-layang. Untuk menentukan keliling layang-layang, kita dapat menghitungnya dengan menggunakan ukuran panjang sisinya, yaitu dengan menjumlahkan seluruh ukuran sisinya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Rumus Keliling Layang-Layang

Untuk menghitung keliling layang-layang yaitu dengan menjumlahkan seluruh sisinya. Keliling layang-layang dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut:

K = s + s + s + s
K = 2 x (a + c)

Keterangan:
K = keliling layang-layang
s = sisi layang-layang
a = sisi pendek layang-layang
c = sisi panjang layang-layang

Contoh Soal Pembahasan

1. Sebuah layang-layang memiliki ukuran sisi pendek 12 cm dan sisi panjang 18 cm. Berapa keliling layang-layang tersebut?

Penyelesaian:
K = 2 x (a + c)
K = 2 x (12 + 18)
K = 2 x 30
K = 60 cm
Jadi, keliling layang-layang adalah 60 cm.

2. Diketahui sebuah layang-layang memiliki ukuran sisi 8 cm, 8 cm, 15 cm, dan 15 cm. Hitunglah keliling layang-layang tersebut!

Penyelesaian:
K = s + s + s + s
K = 8 + 8 + 15 + 15
K = 46 cm
Jadi, keliling layang-layang adalah 46 cm.

3. Sebuah layang-layang memiliki ukuran sisi pendek 10 cm dan sisi panjang 15 cm. Berapakah keliling layang-layang tersebut?

Baca Juga :  Rumus Tabung: Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung

Penyelesaian:
K = 2 x (a + c)
K = 2 x (10 + 15)
K = 2 x 25
K = 50 cm
Jadi, keliling layang-layang adalah 50 cm.

4. Diketahui sebuah layang-layang memiliki ukuran sisi 15 cm, 15 cm, 25 cm, dan 25 cm. Hitunglah berapa keliling layang-layang tersebut!

Penyelesaian:
K = s + s + s + s
K = 15 + 15 + 25 + 25
K = 80 cm
Jadi, keliling layang-layang adalah 80 cm.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung keliling layang-layang dan contoh soal pembahasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :