Home » Matematika » Satuan Ukuran Luas Tanah Hektare, Are, Meter

Satuan Ukuran Luas Tanah Hektare, Are, Meter

satuan+ukuran+luas+tanah
Ukuran Luas Tanah

Satuan Ukuran Luas Tanah – Dalam pengukuran luas tanah, setiap daerah berbeda-beda dalam menyebutkan satuan luas yang digunakan. Namun, yang paling sering dipakai adalah hektare, are, dan meter persegi (m²). Pada aritkel ini akan dijelaskan konversi satuan ukuran luas tanah hektare, are, dan meter.

Menurut satuan internasional (SI), standar satuan ukuran luas adalah meter persegi. Meskipun begitu, hektare dan are juga termasuk dalam konversi satuan luas yang juga telah diterima sebagai satuan internasional dalam pengukuran bidang tanah.

Nah, mengenai beberapa jenis satuan luas tanah tersebut, tentunya kita penasaran dan ingin tahu sebenarnya hubungan dari masing-masing satuan luas tanah tersebut kan? Misalnya 1 hektare berapa meter persegi? 1 hektare berapa are? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Satuan Luas Tanah Hektare, Are, Dan Meter Persegi

1. Satuan Hektare (ha)

Baca Juga :  Jenis-Jenis Segi Empat: Sifat, Rumus, dan Gambarnya

Hektare adalah satuan luas dalam sistem matrik yang telah diterima sebagai satuan internasional. 1 hektare nilainya sama dengan 100 are atau 10.000 m². Dalam definisi lain 1 hertare yaitu 100 x 100 m dan telah digunakan sebagai satuan standar ukuran luas tanah sebagai pengganti satuan unit acre. Dan nilai 1 hektare adalah sama dengan 2,47 acre.

2. Satuan Are (a)

Are adalah satuan unit model lama dari sistem metrik dan diluar dari satuan internasional yang sudah modern. Satuan luas are ini sudah umum digunakan di berbagai negara seperti Indonesia, India, Perancis, Portugis, Polandia, Belanda, dan Jerman. Nilai 1 are sama dengan 100 m² atau 10 m x 10 m.

3. Meter Persegi (m²)

Meter persegi (square meter) adalah satuan luas dalam standar internasional yang digunakan untuk luas area yang muncul dari dasar satuan panjang m (meter). Nilai 1 m² sama dengan 10 m x 10 m.

Baca Juga :  Cara Menghitung Perkalian 3 Pecahan

Setelah mengetahui pengertian dari satuan ukuran luas tanah hektare, are, dan meter persegi, selanjutnya akan dibahas hubungan antara satuan luas tanah tersebut. Hubungan antara satuan hektare, are dan meter persegi yaitu sebagai berikut:

  • 1 hektare = 100 Are
  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 Are = 100 m²
  • 1 dam² = 100 m²
  • 1 dam² = 1 Are
  • 1 hektare = 1 hm²

Demikianlah pembahasan mengenai satuan ukuran luas tanah hektare, are, meter persegi beserta konversinya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top