Home » Matematika » Sudut-Sudut Pada Dua Garis Sejajar Yang Dipotong Garis

Sudut-Sudut Pada Dua Garis Sejajar Yang Dipotong Garis

Sudut-Sudut Pada Dua Garis Sejajar – Garis sejajar adalah dua garis yang tidak akan bertemu meskipun diperpanjang secara terus menerus. Jika terdapat dua buah garis yang sejajar yang dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut yang saling berhubungan. Sudut-sudut tersebut antara lain sudut sehadap, sudut sepihak, dan sudut berseberangan. Berikut akan dijelaskan hubungan antar sudut-sudut tersebut.

Sudut-Sudut Pada Dua Garis Sejajar Yang Dipotong Garis

Sebelum membahas hubungan antar sudut pada dua garis sejajar, silahkan perhatikan gambar di bawah ini. Garis A dan garis B adalah garis sejajar yang dipotong oleh garis C.

sudut+sudut+pada+dua+garis+sejajar
Sudut-Sudut Pada Dua Garis Sejajar

Dari gambar tersebut, terdapat delapan sudut yang terbentuk jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, yakni empat sudut yang berada di dalam garis sejajar dan empat sudut lainnya berada di luar garis sejajar. Sudut-sudut tersebut adalah:

  • Sudut di dalam garis sejajar adalah ∠A2, ∠A4, ∠B1, dan ∠B3
  • Sudut di luar garis sejajar adalah ∠A1, ∠A3, ∠B2, dan ∠B4

Lalu, bagaimana hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar tersebut? Apa itu sudut sehadap?Apa itu sudut berseberangan? Dan apa itu sudut sepihak? Berikut pembahasannya.

Baca Juga :  Kumpulan Rumus Bangun Datar Dan Bangun Ruang

A. Sudut-Sudut Sehadap

Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut sehadap yang besarnya sama. Pada gambar di atas, sudut-sudut yang sehadap adalah:

  • ∠A1 sehadap dengan ∠B1, sehingga besar ∠A1 = ∠B1
  • ∠A2 sehadap dengan ∠B2, sehingga besar ∠A2 = ∠B2
  • ∠A3 sehadap dengan ∠B3, sehingga besar ∠A3 = ∠B3
  • ∠A4 sehadap dengan ∠B4, sehingga besar ∠A4 = ∠B4

B. Sudut-Sudut Berseberangan

Sudut-sudut berseberangan yang terbentuk oleh dua garis sejajar yang diptotong garis lain dikelompokan menjadi dua, yaitu:

1. Sudut Dalam Berseberangan

Sudut-sudut dalam berseberangan adalah sudut-sudut yang berada di dalam dua garis sejajar dan berlawanan arah. Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk sudut-sudut dalam berseberangan yang besarnya sama. Pada gambar di atas, pasangan sudut-sudut dalam berseberangan yaitu:

  • ∠A2 dengan ∠B3, sehingga besar ∠A2 = ∠B3
  • ∠A4 dengan ∠B1, sehingga besar ∠A4 = ∠B1

2. Sudut Luar Berseberangan

Sudut-sudut luar berseberangan adalah sudut-sudut yang berada di luar dua garis sejajar dan berlawanan arah. Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka besar sudut-sudut luar berseberangan yang terbentuk adalah sama besar. Pada gambar di atas, pasangan sudut-sudut luar berseberangan yaitu:

  • ∠A1 dengan ∠B4, sehingga besar ∠A1 = ∠B4
  • ∠A3 dengan ∠B2, sehingga besar ∠A3 = ∠B2
Baca Juga :  Rumus Volume Prisma Dan Contoh Soalnya

C. Sudut-Sudut Sepihak

Sudut-sudut sepihak yang terbentuk pada dua garis sejajar juga dikelompokan menjadi dua, yaitu:

1. Sudut Dalam Sepihak

Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk dua pasang sudut dalam sepihak yang jika dijumlahkan besarnya adalah 180°. Pada gambar di atas, pasangan sudut-sudut dalam sepihak yaitu:

  • ∠A2 dengan ∠B1, sehingga ∠A2 + ∠B1 = 180°
  • ∠A4 dengan ∠B3, sehingga ∠A4 + ∠B3 = 180°

2. Sudut Luar Sepihak

Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, maka akan terbentuk dua pasang sudut luar sepihak yang jika dijumlahkan besarnya adalah 180°. Pada gambar di atas, pasangan sudut-sudut luar sepihak yaitu:

  • ∠A1 dengan ∠B2, sehingga ∠A1 + ∠B2 = 180°
  • ∠A3 dengan ∠B4, sehingga ∠A3 + ∠B4 = 180°

Demikianlah pembahasan mengenai hubungan antar sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipootong oleh garis lain. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top