Home » Matematika » Cara Mencari Median (Nilai Tengah) Suatu Data

Cara Mencari Median (Nilai Tengah) Suatu Data

cara+mencari+median
Cara Mencari Median

Cara Mencari Median (Nilai Tengah) Suatu Data – Dalam pelajaran matematika, terdapat materi mengenai median, mean, dan modus. Nah, pada artikel ini akan dibahas salah satu materi tersebut, yaitu tentang bagaimana cara mencari median atau nilai tengah pada suatu data.

Median adalah nilai tengah yang diperoleh dari suatu penyajian data setelah data tersebut diurutkan mulai dari yang nilai terkecil sampai yang terbesar. Untuk mencari median, langkah awal yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan data yang akan dicari nilai tengahnya, kemudian mengurutkan data tersebut.

Untuk mencari median pada suatu data, ada dua cara yang dapat dilakukan. Jika jumlah data yang disajikan ganjil, maka untuk menentukan nilai tengahnya yaitu dengan mengambil suku yang tepat berada di tengah. Sedangkan jika data yang terkumpul jumlahnya genap, maka nilai tengahnya ditentukan dari jumlah dua suku tengah dibagi dua. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Mencari Median (Nilai Tengah) Data Ganjil Dan Genap

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa untuk mencari median dapat dilakukan pada data ganjil dan genap. Berikut merupakan cara mencari median atau nilai tengah pada suatu data ganjil dan genap lengkap beserta contohnya.

A. Cara Mencari Median Data Ganjil

Untuk mencari median atau nilai tengah pada suatu data ganjil, caranya yaitu mengambil suku yang terletak tepat di tengah-tengah data tersebut setelah data diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar. Perhatikan contoh berikut ini.

Baca Juga :  Cara Membaca Titik Koordinat Pada Bidang Kartesius

Kelas 6 memiliki siswa berjumlah 23 anak. Data nilai ulangan matematika dari siswa kelas 6 tersebut yaitu 6, 7, 9, 9, 8, 7, 8, 10, 7, 8, 9, 7, 7, 8, 9, 8, 7, 7, 6, 6, 10, 9, dan 8.

Dari sajian data tersebut, maka untuk mencari median dari nilai ulangan matematika siswa kelas 6 adalah sebagai berikut:

1. Mengurutkan seluruh nilai dari yang terkecil hingga terbesar. Maka diperoleh urutan sebagai berikut:

6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9, 10, 10

2. Untuk menentukan median atau nila tengah pada data ganjil, maka kita mengambil suku yang terletak paling tengah. Sehingga, median dari data hasil ulangan matematika siswa kelas 6 adalah 8.

B. Cara Mencari Median Data Genap

Untuk menentukan median atau nilai tengah pada data genap, langkah awalnya yaitu mengumpulkan seluruh data, kemudian diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Setelah itu, ambil dua suku yang berada di urutan tengah, kemudian membaginya dengan angka 2. Untuk lebih jelasnya, simak contoh berikut ini.

Data nilai matematika dari siswa kelas 7 adalah sebagai berikut: 7, 6, 7, 8, 9, 7, 6, 8, 7, 6, 9, 8, 7, 10, 10, 9, 9, 8, 7, 6, 6, 8, 10, 6, 7, 7, 9, 10.

Baca Juga :  Rumus Menghitung Luas Persegi Dan Keliling Persegi

Dari sajian data nilai matematika tersebut, diketahui bahwa jumlah siswa kelas 7 adalah genap, yakni 28 siswa. Untuk menentukan median atau nilai tengah nilai matematika siswa kelas 7 tersebut dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengurutkan nilai matematika siswa mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Maka diperoleh hasil urutan data sebagai berikut:

6, 6, 6, 6, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 8, 8, 8, 9, 9, 9, 9, 9, 10, 10, 10, 10

2. Untuk menentukan median atau nila tengah pada data genap, maka rumus yang digunakan adalah mengambil dua suku yang terletak di tengah, kemudian menjumlahkan kedua suku tersebut dan membagi dengan angka 2. Jadi, nilai tengah atau median dari data nilai matematika siswa kelas 7 adalah:

(7 + 8) : 2 = 15 : 2 = 7,5

Kesimpulan

Dari masing-masing penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rumus untuk menentukan median atau nilai tengah adalah:

  • Median pada data ganjil = suku yang tepat berada di tengah data yang telah diurutkan dari terkecil sampai terbesar.
  • Median pada data genap = jumlah dua suku tengah dibagi 2 setelah data tersebut diurutkan dari terkecil sampai yang terbesar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencari median atau nilai tengah suatu data ganjil dan genap beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top