Home » Matematika » Garis-Garis Istimewa Dalam Segitiga

Garis-Garis Istimewa Dalam Segitiga

garis+garis+istimewa+dalam+segitga
Garis Istimewa Segitiga

Garis-Garis Istimewa Dalam Segitiga – Segitiga merupakan salah satu bentuk bangun datar yang memiliki 3 sisi dan 3 titik sudut. Pada bangun segitiga terdapat beberapa garis istimewa di dalamnya. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja garis-garis istimewa yang ada di dalam segitiga.

Bangun segitiga memiliki sisi alas dan tinggi. Sisi alas adalah garis yang berlawanan dengan titik puncak segitiga. Sedangkan tinggi segitiga merupakan garis istimewa dalam segitiga yang terbentuk secara tegak lurus dengan sisi alasnya.

Selain garis tinggi, terdapat beberapa garis istimewa yang ada pada segitiga. Diantaranya yaitu garis bagi, garis sumbu, dan garis berat. Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai garis-garis tersebut beserta gambar dan penjelasannya.

Baca Juga :  Rumus Luas Belah Ketupat Beserta Contoh Soalnya

Garis-Garis Istimewa Dalam Segitiga

Terdapat 4 macam garis istimewa pada segitiga, yakni gatis tinggi segitiga, garis bagi segitiga, garis berat segitiga, dan garis sumbu segitiga. Adapun pembahasannya yaitu sebagai berikut.

1. Garis Tinggi Segitiga

garis+tinggi+segitiga
Garis Tinggi Segitiga

Garis tinggi segitiga adalah garis yang ditarik dari salah satu titik sudut segitiga dan tegak lurus dengan sisi di hadapannya. Pada sebuah segitiga terdapat 3 buah garis tinggi. Garis yang tegak lurus dengan garis tinggi dinamakan alas segitiga. Dengan begitu, setiap sisi segitiga dapat disebut sebagai alas segitiga.

2. Garis Bagi Segitiga

garis+bagi+segitiga
Garis Bagi Segitiga

Garis bagi segitiga adalah garis yang ditarik dari salah satu titik sudut segitiga dan membagi sudut tersebut menjadi dua sama besar. Pada segitiga, dapat dibentuk 3 buah garis bagi yang berpotongan di suatu titik.

Baca Juga :  Rumus Balok: Cara Menghitung Keliling Balok dan Contoh Soal

3. Garis Berat Segitiga

garis+berat+segitiga
Garis Berat Segitiga

Garis berat segitiga adalah garis yang ditarik dari satu titik sudut segitiga dan membagi sisi di depannya menjadi dua bagian sama panjang. Jika dari ketiga titik sudut segitiga di tarik garis berat, maka ketiga garis berat tersebut akan berpotogan di suatu titik yang disebut sebagai titik berat segitiga.

4. Garis Sumbu Segitiga

garis+sumbu+segitiga
Garis Sumbu Segitiga

Garis sumbu segitiga adalah garis yang ditarik secara tegak lurus pada salah satu sisi segitiga dan membagi sisi tersebut menjadi dua bagian sama panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai garis-garis istimewa dalam segitiga beserta gambarnya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top