Home » Matematika » Jaring-Jaring Kubus Dan Balok

Jaring-Jaring Kubus Dan Balok

jaring+jaring+kubus+dan+balok
Jaring-Jaring Kubus Dan Balok

Jaring-Jaring Kubus Dan Balok – Kubus dan balok adalah bangun ruang yang memiliki beberapa perbedaan. Salah satu perbedaannya terdapat pada pola jaring-jaring pembentuknya. Berikut akan dibahas mengenai gambar pola jaring-jaring kubus dan balok.

Jaring-jaring itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa bangun datar yang menyusun sebuah bangun ruang. Setiap bangun ruang memiliki pola jaring-jaring yang berbeda.

Begitu juga dengan kubus dan balok, kedua bangun ini memiliki perbedaan pada pola jaring-jaringnya. Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Jaring-Jaring Kubus Dan Balok

A. Jaring-Jaring Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibentuk oleh 6 buah sisi berbentuk persegi kongruen. Kubus juga disebut sebagai bidang enam beraturan yang merupakan bentuk istimewa dari bangun prisma segiempat.

Jika suatu kubus dibongkar, maka akan membentuk sebuah pola yang disebut jaring-jaring kubus. Kubus memiliki jaring-jaring sebanyak 11 pola. Jaring-jaring kubus terdiri dari enam buah persegi yang sama besar. Dan berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring kubus.

Baca Juga :  Tabel Pembagian 1 Sampai 100
gambar+jaring+jaring+kubus
Gambar Jaring-Jaring Kubus

Dari gambar di atas, maka kita dapat kita simpulkan bahwa kubus terbentuk oleh enam buah bangun datar berbentuk persegi yang kongruen.

B. Jaring-Jaring Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang sisi yang saling berhadapan sama besar dan sejajar. Tiap-tiap pasang sisi pada balok merupakan bangun datar persegi atau persegi panjang dengan bentuk dan ukuran sama.

Jika suatu balok dibongkar, maka akan membentuk sebuah pola yang disebut jaring-jaring balok. Jaring-jaring balok terdiri dari tiga pasang bangun datar berbentuk segi empat. Balok memiliki jaring-jaring berjumah 54 pola. Berikut merupakan salah satu contoh gambar pola jaring-jaring balok.

gambar+jaring+jaring+balok
Gambar Jaring-Jaring Balok

Dari gambar di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa balok terbentuk oleh enam buah bangun datar berbentuk segi empat, bisa persegi atau persegi panjang.

Baca Juga :  Operasi Hitung Bilangan Pecahan Campuran

C. Perbedaan Kubus Dan Balok

Dari masing-masing penjelasan dan gambar di atas, maka dapat kita ketahui bahwa perbedaan antara kubus dan balok terlihat pada pola jaring-jaringnya.

Perbedaanya yaitu terletak pada bangun datar pembentuknya. Dimana bangun pembentuk kubus semuanya adalah persegi, sedangkan bangun pembentuk balok gabungan dari persegi dan persegi panjang.

Selain itu, kubus memiliki jumlah pola sebanyak 11 buah, sedangkan balok memiliki lebih banyak pola jaring-jaring, yakni 54 buah.

Sekarang sudah jelas kan perbedaannya? Demikianlah pembahasan mengenai jaring-jaring kubus dan balok beserta perbedaannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top