Home » Matematika » Jenis – Jenis Sudut Beserta Gambarnya

Jenis – Jenis Sudut Beserta Gambarnya

jenis+jenis+sudut
Jenis – Jenis Sudut

Jenis – Jenis Sudut Beserta Gambarnya – Sudut adalah bentuk suatu daerah yang terbentuk oleh dua garis dengan arah menyebar dari sebuah titik vertex (pangkal). Besaran sudut disimbolkan dengan derajat. Nilai terbesar dari suatu sudut yaitu 360°. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis sudut berdasarkan nilainya lengkap beserta gambarnya.

Sebagai pemahaman dasar tentang sudut, kita dapat melihat sebuah bangun datar segitiga. Segitiga memiliki tiga buah sudut yang merupakan pertemuan antar sisinya. Sebuah sudut dapat diberi nama berdasarkan simbol atau huruf yang berada diantara dua garis pembentuk sudut. Namun dapat juga berdasarkan titik sudutnya.

Sudut dapat diukur dengan sebuah alat yang bernama busur derajat. Alat atau penggaris ini berbentuk setengah lingkaran dengan satuan derajat. Nah, setelah sedikit dijelaskan pemahaman mengenai sudut, berikut merupakan macam-macam jenis sudut beserta nilai dan gambarnya.

Jenis – Jenis Sudut Beserta Gambarnya

Berdasarkan nilai besaran sudutnya, sudut terbagi menjadi beberapa 10 jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sebuah sudut yang terbentuk dari dua buah garis yang besarnya kurang dari 90°. Berikut merupakan contoh gambar sudut lancip.

gambar+sudut+lancip
Gambar Sudut Lancip

2. Sudut Siku – Siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang dihasilkan dua buah garis yang posisinya tegak lurus dan besarnya tepat 90°. Contoh gambar sudut siku-siku dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+siku+siku
Gambar Sudut Siku – Siku

3. Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sebuah sudut yang terbentuk dari dua buah garis yang besarnya sudutnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Contoh gambar sudut tumpul dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+tumpul
Gambar Sudut Tumpul

4. Sudut Lurus

Sudut lurus merupakan sebuah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berpotongan lurus dan besar sudutnya tepat 180°. Contoh gambar sudut lurus dapat dilihat pada gambar berikut ini.

gambar+sudut+lurus
Gambar Sudut Lurus

5. Sudut Refleks

Sudut reflek adalah sudut yang terbentuk oleh dua garis yang besar sudutnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Contoh gambar sudut refleks dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+refleks
Gambar Sudut Refleks

6. Sudut Penuh

Sudut penuh adalah sudut yang terbentuk dari dua buah garis dan besar sudutnya tepat 360°. Contoh gambar sudut penuh dapat dilihat pada gambar berikut.

gambar+sudut+penuh
Gambar Sudut Penuh

Selain dilihat dari besar sudutnya, ada pun macam-macam sudut yang didasari oleh letak di mana sudut tersebut berada, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :  Contoh Benda Berbentuk Balok Di Sekitar Kita

7. Sudut Bersebelahan

Sudut bersebelahan merupakan dua buah sudut yang posisinya berdampinhan. Sudut bersebelahan ini terbentuk oleh tiga garis yang berpusat pada satu titik vertex. Contoh sudut bersebelahan ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+bersebelahan
Gambar Sudut Bersebelahan

8. Sudut Vertikal / Sudut Bertolak Belakang

Sudut vertikal adalah dua buah sudut yang posisinya saling bertolak belakang antara yang satu dengan yang lainnya. Sudut vertikal ini terbentuk dari dua buah garis yang saling berpotongan. Contohnya sudut vertikal ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+vertikal
Gambar Sudut Vertikal

9. Sudut Komplementer

Sudut komplementer merupakan dua buah sudut yang posisinya bersebelahan. Jika kedua sudut ini dijumlahkan maka hasilnya adalah 90°. Contohnya sudut komplementer ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+komplementer
Gambar Sudut Komplementer

10. Sudut Supplementer

Sudut suplementer adalah dua buah sudut yang letaknya bersebelahan. Jika kedua sudut ini dijumlahkan maka jumlahnya adalah 180°. Contoh sudut suplementer ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

gambar+sudut+supplementer
Gambar Sudut Supplementer

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis sudut beserta gambarnya dilihat dari nilainya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Rumus Keliling Trapesium Dan Contoh Soal

Baca Lagi :

Scroll to Top