Home » Matematika » Sifat-Sifat Tabung Dan Penjelasannya

Sifat-Sifat Tabung Dan Penjelasannya

sifat+sifat+tabung
Sifat-Sifat Tabung

Sifat-Sifat Tabung Dan Penjelasannya – Tabung merupakan salah satu jenis bangun ruang sisi lengkung. Tabung memiliki tiga sisi, yang terdiri dari dua sisi berbentuk lingkaran dan sebuah sisi berbentuk lengkungan persegi panjang.

Bangun ruang tabung dapat dikatakan sebagai bentuk prisma segi tak terhingga. Karena sisi alas dan sisi atapnya berbentuk lingkaran. Salah satu sifatnya adalah tidak memiliki titik sudut.

Tabung memiliki dua rusuk. Rusuk tabung berbentuk lingkaran. Agar lebih mudah memahami bangun ruang tabung, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Sifat-Sifat Tabung Dan Penjelasannya

Berikut adalah sifat-sifat bangun ruang tabung dan penjelasannya masing-masing.

1. Tabung Memiliki 3 Sisi

Sisi tabung adalah bidang yang membatasi ruangan di dalam tabung dengan ruangan di sekitarnya. Tabung memiliki 3 buah sisi, yakni sisi alas dan sisi atas berbentuk lingkaran, serta sisi selimut berbentuk lengkungan persegi panjang.

Baca Juga :  Rumus Menghitung Debit, Volume, Dan Waktu

2. Tabung Memiliki 2 Rusuk

Rusuk tabung merupakan pembatas antara sisi-sisi tabung. Tabung memiliki 2 rusuk yang berbentuk lingkaran dan merupakan keliling lingkaran alas dan atas tabung. Dalam perhitungan luas permukaan tabung, panjang rusuk tabung atau keliling lingkaran didefinisikan sebagai panjang dari sisi selimut tabung.

3. Tabung Tidak Memiliki Titik Sudut

Tabung tidak memiliki titik sudut. Diantara bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah tabung dan bola.

4. Tabung Memiliki Jari-jari Dan Diameter

Tabung memiliki jari-jari dan diameter yang terletak pada sisi alas dan atasnya. Jari-jari tabung adalah jarak antara pusat lingkaran pada sisi alas dan sisi atas tabung dengan rusuk tabung. Sedangkan diameter merupakan jarak antara rusuk yang melewati titik pusat lingkaran. Panjang diameter tabung sama dengan dua kali panjang jari-jari tabung.

Baca Juga :  Unsur-Unsur Bola Dan Gambar Penjelasannya

5. Tabung Memiliki Tinggi

Tinggi tabung adalah jarak antara sisi alas dan sisi atas tabung. Dimensi pada tinggi tabung digunakan untuk menghitung volume, luas permukaan, serta luas selimut tabung.

6. Tabung Memiliki Volume Dan Luas Permukaan

Volume tabung adalah kapasitas ruangan di dalam tabung. Sedangkan luas permukaan tabung adalah jumlah luas seluruh bidang sisi tabung.

Demikianlah pembahasan mengenai karakteristik bangun ruang tabung. Silahkan share jika bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top