Home » Ilmu Pengetahuan » Ciri-Ciri Bahasa Iklan Yang Baik dan Menarik

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Yang Baik dan Menarik

ciri+ciri+bahasa+iklan+yang+baik
Ciri-Ciri Bahasa Iklan Yang Baik

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Yang Baik dan Menarik – Iklan merupakan segala bentuk kegiatan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat umum. Salah satu faktor penting dalam pembuatan iklan adalah menggunakan bahasa yang menarik. Lalu, seperti apa ciri-ciri bahasa iklan yang baik dan menarik?

Bahasa yang digunakan pada iklan umunya bersifat mendorong orang agar terpengaruh untuk melakukan atau menggunakan sesuatu yang diiklankan. Tujuannya tak lain untuk mencari perhatian dari masyarakat. Contoh bahasa iklan yang menarik pada salah satu penjualan produk mobil seperti “Avanza, Tercipta Untuk Indonesia”.

Hal itu bukan berarti mobil Avanza tidak dijual untuk orang selain Indonesia, melainkan menggunkan bahasa untuk mempromosikan di Indonesia agar menarik perhatian yang membacanya. Nah, untuk mengetahui seperti apa bahasa iklan yang yang baik, simak pembahasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Yang Baik dan Menarik

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan. Sehingga menghasilkan iklan yang baik dan menarik, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan Bahasa Menarik

Dalam pembuatannya, suatu iklan pasti akan dibuat dengan menggunakan bahasa yang semenarik mungkin agar orang yang melihatnya akan terbujuk dan terpengaruh untuk melakukan dan menggunakan sesuatu yang ditawarkan.

  • Mudah Dipahami

Durasi penyebarannya, suatu iklan biasanya hanya membutuhkan waktu yang tak lama, sehingga bahasa yang mudah dipahami sangat tepat untuk mewakili pesan yang disampaikan pada iklan.

  • Persuasif
Baca Juga :  Contoh Benda Berbentuk Bola Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bahasa iklan bersifat persuasif, artinya selalu menggunakan kalimat iklan yang berusaha menggugah emosi pembaca atau pendengar. Tujuannya adalah membujuk, mengajak atau mempengaruhi khalayak umum agar melakukan ajakan dalam iklan tersebut.

  • Komunikatif

Bahasa iklan bersifat komunikatif, artinya kalimat iklan harus menggunakan kata-kata yang singkat, jelas, padat, mudah dimengerti dan dipahami. Tujuannya adalah memberikan informasi singkat yang merupakan inti dari pesan. Namun, terkadang bahasa iklan yang digunakan tidak bernalar atau tidak menggunakan bahasa Indonesia yang benar.

  • Efektif

Penyusunan kata-kata pada rangkaian kalimat iklan harus mampu menonjolkan inti dari sebuah merek, produk, atau entitas yang diiklankan. Dalam menyampaikan sebuah ide pikiran di dalam suatu bahasa, pembuat iklan harus menguasai aturan-aturan yang berlaku. Seperti tata bahasa, idiom, kaidah bahasa, konotasi atau nuansa dari sebuah kata, dan sebagainya.

  • Informatif

Kata-kata yang digunakan di dalam teks iklan harus jelas, singkat, komunikatif, dan bersifat menyampaikan pesan yang diiklankan. Hal itu disebabkan ada durasi penayangan yang harus dipenuhi sesuai biaya pengiklanan.

  • Bertenaga Gerak

Bahasa iklan haruslah bermakna dan bertenaga gerak, artinya adalah bahwa bahasa yang dipergunakan di dalam iklan harus memiliki komposisi kata-kata yang mampu menggerkan khalayak umum untuk melakukan atau menggunakan sesuatu yang diiklankan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan waktu selama masa promosi atau penawaran iklan masih berlangsung.

Baca Juga :  Cara Mencari Volume Balok Beserta Contoh Soalnya

Demikianlah informasi mengenai bahasa iklan yang baik dan menarik dalam dunia periklanan. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Jenis – Jenis Periklanan Menurut Para Ahli
Sebutkan Jenis – Jenis Iklan Dan Contohnya?
Jenis – jenis Iklan Online Dan Pengertiannya
Pengertian Iklan Kolom, Ciri – Ciri, dan Contohnya
Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *