Home » Matematika » Unsur-Unsur Persegi Dan Penjelasannya

Unsur-Unsur Persegi Dan Penjelasannya

unsur+unsur+persegi
Unsur-Unsur Persegi

Unsur-Unsur Persegi – Persegi merupakan salah satu jenis bangun datar. Setiap bangun datar memiliki unsur-unsur yang dapat menyatakan sifat-sifat bangun datar itu sendiri. Berikut akan dibahas tentang unsur-unsur persegi dan penjelasannya.

Persegi adalah bangun datar yang dibentuk oleh empat sisi sama panjang dan empat sudut yang berbentuk siku-siku. Persegi sering disebut juga dengan bujur sangkar. Bangun datar ini memiliki unsur-unsur seperti sisi, titik sudut, sudut, diagonal dan sumbu simetri.

Nah, bagi yang ingin tahu seperti apa karakterisitik persegi, sebaiknya pahami dulu apa saja unsur-unsur persegi akan dijelaskan bersamaan dengan sifat-sifat persegi berikut ini.

Unsur-Unsur Persegi Dan Penjelasannya

Berikut merupakan unsur-unsur persegi dan penjelasannya masing-masing.

1. Sisi

Sisi adalah garis-garis yang membatasi bagian dalam dan luar bangun datar. Sisi persegi berbentuk garis lurus yang saling berhubungan membentuk sudut siku-siku. Persegi memiliki 4 sisi yang sama panjang. Sisi persegi pada gambar di atas ditunjukan oleh garis AB, BC, CD dan DA.

2. Titik Sudut

Titik sudut adalah titik pertemuan antara dua buah sisi yang saling berdekatan. Persegi memiliki 4 titik sudut menghubungkan setiap sisinya. Titik sudut persegi pada gambar di atas ditunjukan oleh titik A, titik B, titik C dan titik D.

3. Sudut

Sudut merupakan daerah yang dibentuk oleh titik pertemuan antara dua sisi. Persegi memiliki 4 sudut yang berbentuk siku-siku. Sudut-sudut persegi ditujukan oleh sudut ABC, sudut BCD, sudut CDA dan sudut DAB.

Baca Juga :  Materi Matematika Kelas 6 SD Semester 1 dan 2

4. Diagonal

Diagonal adalah garis yang terbentuk oleh dua titik sudut yang saling bersebarangan. Persegi memiliki dua garis diagoanal yang sama panjang. Diagonal persegi saling berpotongan dan membentuk sudut siku-siku. Pada gambar di atas, garis diagonal persegi ditunjukan oleh garis AC dan BD.

5. Sumbu Simetri

Sumbu simetri adalah garis yang membagi sebuah bentuk datar menjadi dua bagian yang simetris. Persegi memiliki 4 sumbu simetri yang dua diantaranya merupakan garis diagonal persegi. Pada gambar di atas, sumbu simetri persegi ditunjukan oleh garis AC, BD, EF dan GH.

Demikianlah pembahasan mengenai unsur-unsur persegi dan penjelasannya. Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top