Home » Matematika » Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Penjelasannya

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Penjelasannya

unsur+unsur+limas+segi+empat
Unsur-Unsur Limas Segi Empat

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Penjelasannya – Pernakah kalian melihat sebuah piramida? Piramida merupakan salah satu contoh benda berbentuk limas segi empat. Limas merupakan suatu bangun ruang yang memiliki unsur-unsur bagian pembentuknya. Pada artikel ini akan dijelaskan apa saja bagian-bagian pada bangun limas segi empat.

Limas Segi Empat

Limas adalah bangun ruang yang dibentuk oleh bidang sisi alas berbentuk segi-n, serta sisi selimut yang berbentuk segitiga yang ujungnya saling berhimpit pada sebuah titik puncak. Ada beberapa jenis limas, diantaranya yaitu limas segitiga, segi empat, segi lima dan seterusnya.

Limas segi empat adalah salah satu jenis limas yang memiliki bentuk alas segi empat yang dibentuk oleh 8 buah rusuk, 5 buah bidang sisi, 5 buah titik sudut, 2 diagonal bidang, dan 2 buah diagonal ruang.

Secara umum, bagian-bagian bangun ruang terdiri dari rusuk, bidang sisi, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Namun, ada salah satu bagian tersebut yang tidak dimiliki oleh limas segi empat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahan berikut ini.

Bagian-Bagian Limas Segi Empat Dan Penjelasannya

Perhatikan gambar limas segi empat O.ABCD berikut ini!

bagian+bagian+limas+segi+empat
Bagian-Bagian Limas Segi Empat

Dari gambar di atas, maka kita dapat menemukan apa saja unsur pembentuk limas segi empat. Berikut merupakan bagian-bagian limas segi empat dan penjelasannya.

Baca Juga :  Rumus Lingkaran: Luas, Keliling, Diameter, dan Jari-Jari

1. Rusuk

Rusuk adalah pertemuan dua sisi yang berupa ruas garis pada bangun ruang. Limas segi empat mempunyai 8 buah rusuk, yaitu 4 buah rusuk sisi alas (AB, BC, CD, DA), dan 4 buah rusuk sisi selimut (OA, OB, OC, OD).

2. Bidang Sisi

Bidang sisi adalah bagian bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan sekitarnya. Limas segi empat mempunyai 5 buah bidang sisi, yaitu 1 sisi alas berbentuk segi empat(ABCD), dan 4 buah sisi selimut yang berbentuk segitiga (AOB, AOB, AOC, AOD).

3. Titik Sudut

Titik sudut adalah titik hasil pertemuan rusuk yang berjumlah tiga buah atau lebih. Limas segi empat mempunyai 5 buah titik sudut, yaitu titik A, titik B, titik C, titik D, dan titik O. Titik O adalah titik puncak limas.

4. Diagonal Sisi

Diagonal sisi adalah garis diagonal yang terletak pada bidang sisi suatu bangun ruang. Limas segi empat mempunyai 2 buah diagoanal sisi yang terletak pada sisi alasnya, yaitu dengan cara menarik garis dari titik A ke C, dan titik B ke D.

Baca Juga :  Matematika Kelas 2 SD: Materi Dan Contoh Soal

5. Tinggi Limas

Tinggi limas adalah jarak dari titik pertemuan diagonal sisi alasnya dengan titik puncak limas. Pada gambar di atas, tinggi limas segi empat ditunjukan oleh garis t, yaitu jarak yang diperoleh dari titik pertemuan diagobal sisi AC dan BD dengan titik puncak O.

6 .Bidang Diagonal

Limas segi empat memiliki 2 buah bidang diagonal yang berbentuk segitiga, yaitu bidang yang terbentuk dari diagonal sisi alasnya dengan dua rusuk selimutnya. Pada gambar limas segi empat di atas, bidang diagonal diperoleh dari titik AOC dan BOD.

7. Diagonal Ruang

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pada bangun ruang limas jenis apapun tidak memiliki diagonal ruang.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian limas segi empat dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Lagi :

Scroll to Top