Home » Matematika » Perbedaan Antara Bangun Datar dan Bangun Ruang

Perbedaan Antara Bangun Datar dan Bangun Ruang

bangun+datar+dan+bangun+ruang
Bangun Ruang Dan Bangun Datar

Perbedaan Antara Bangun Datar dan Bangun Ruang – Bangun datar dan bangun ruang merupakan materi matematika yang dipelajari sejak SD kelas 1. Meskipun begitu, masih banyak yang belum bisa membedakan yang mana bangun datar dan yang mana bangun ruang. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara bangun datar dan bangun ruang.

Sebenarnya, bangun datar dan bangun ruang sama-sama bentuk geometri. Bangun datar adalah bentuk dua dimensi. Contoh dari bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, belah ketupat, layang-layang, jajar genjang, trapesium dan lingkaran. Sedangkan bangun ruang adalah bentuk tiga dimensi. Contoh bangun ruang seperti kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung dan bola.

Dari nama macam-macam bangun datar dan bangun ruang tersebut, tentunya sudah dapat menyebutkan perbedaannya bukan? Namun, jika masih belum bisa membedakannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Antara Bangun Datar dan Bangun Ruang

Perbedaan antara bangun datar dan bangun ruang dapat dilihat dari berbagai hal, seperti dimensi, ukuran, dan volumenya. berikut penjelasannya.

Dimensi: 2D dan 3D
Bangun datar merupakan bentuk dua dimensi. Jika digambarkan, maka bentuk bangun datar hanya tergambar dalam sumbu x dan y. Sedangkan bangun ruang merupakan bentuk tiga dimensi. Jika digambarkan, maka bentuk bangun ruang tergambar dalam tiga sumbu, yakni sumbu x, y dan z.

Baca Juga :  Rumus Keliling Kubus: Luas Permukaan dan Volume

Ukuran
Bangun datar hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Sedangkan bangun ruang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Tinggi yang dimaksud disini bukan tinggi seperti pada segitiga dan trapesium, tetapi ketebalan yang digunakan adalam perhitungan bangun ruang.

Volume
Bangun ruang memiliki volume, karena memiliki tinggi. Kita dapat membuktikannya dari rumus volume bangun ruang yang selalu dihitung dengan cara mengkalikan luas alas dengan tinggi. Sedangkan bangun datar tidak memiliki volume karena hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Bangun ruang hanya dapat dihitung luas dan kelilingnya saja dengan rumus bangun ruang.

Keterkaitan
Bangun datar merupakan bangun yang berdiri sendiri, artinya dalam pembentukannya tidak melibatkan bangun lainnya. Sedangkan bangun ruang merupakan gabungan dari beberapa bangun datar sebagai penyusun ruangannya.

Kesimpulan
Untuk lebih jelasnya mengenai bangun datar dan bangun ruang, silahkan perhatikan tabel di bawah ini.

PerbedaanBangun DatarBangun Ruang
Dimensi2D3D
Ukuranpanjang dan lebarpanjang, lebar dan tinggi
Volumetidak memiliki volumememiliki volume
Keterkaitanberdiri sendirigabungan bangun datar

Demikianlah pembahasan mengenai cara membedakan antara bangun datar dengan bangun ruang. Semoga bermanfaat.